Tips Buat Kamu Agar Tidak Jenuh untuk Update Artikel Setiap Hari

Tips Buat Kamu Agar Tidak Jenuh untuk Update Artikel Setiap Hari

Update artikel setiap hari? Bagi yang tidak biasa mungkin akan terdengar sangat membebankan. Terlebih pekerjaan utama bukanlah sebagai full-time blogger ataupun full-time writer, tentulah fokus utama bukan menulis, ya? Ya, tidak apa juga kalau tidak bisa update artikel setiap hari. Apalagi pekerjaan menulis artikel bisa dibilang cukup membosankan. Kamu harus duduk depan monitor dan ‘memutar’ otak untuk merangkai kata demi kata. Sorry, sekarang bukan zamannya lagi untuk sekadar copy-paste!

Ntah untuk blog personal ataupun blog yang dibangun untuk bisnis, ada beberapa keuntungan menarik kalau kamu berupaya untuk tidak jenuh untuk update artikel setiap hari. Yuk, mari simak terlebih dahulu apa saja manfaat rajin menulis di blog – berikut ini:

Keuntungan Rajin Menulis di Blog / Situs

  • Menulis jadi lebih mudah

Kalau kamu bukan penulis atau belum terbiasa menulis maka pekerjaan menulis biasanya cukup membosankan dan bikin bingung. Nah, dengan berupaya rajin update artikel setiap hari, kegiatan menulis akan jadi lebih mudah. Bukan hal mustahil kalau suatu saat nanti kamu akan pintar menulis. Oh ya, rajin menulis bikin otak bekerja! Daya ingat dan daya pikir makin mantap.

  • Konten blog bertambah

Tentu saja dengan rajin update blog setiap hari, konten blog bertambah. Apa manfaatnya? Kamu akan dapat pembaca setia dan mereka jadi tahu timing konten di blog kamu karena diperbarui secara rutin. Jumlah konten bertambah tentu saja trafik bertambah – salah satu faktornya adalah baik untuk SEO (Search Engine Optimization).

  • Hasilkan uang dari blog

Pernah dengar tentang monetasi blog? Untuk bisa mencapai titik tersebut tentu saja blog kamu harus populer, bukan? Bagaimana caranya populer? Ya, tentu saja salah satu paling penting adalah harus di-update!

Advertiser tentu akan lebih menyukai blog yang ramai dan rajin diperbarui, bukan? Tak hanya itu saja, biasanya semakin rajin menulis maka semakin matang dan kreatif tulisan yang dihasilkan. Blog pribadi kamu akan jadi lebih menarik lagi. Ini bakal jadi daya tarik yang tak akan bisa ditolak oleh pembaca blog kamu maupun brand atau klien yang lihat blog kamu.

Nah, sudah lihat beragam manfaat kalau kamu rutin untuk update artikel, bukan? Tak hanya untuk artikel blog sendiri sebenarnya. Jika kamu mampu untuk update artikel secara rutin, bukan tak mungkin kamu pun berkecimpung di bidang penyediaan konten alias content writer atau content producer. Sebagai informasi saja, profesi menulis artikel menghasilkan pendapatan yang cukup menggiurkan, lho. Bagi mereka yang sudah biasa update artikel setiap hari biasanya tidak akan merasa berat lagi untuk menulis lebih banyak artikel lagi setiap hari. Hmm… Tertarik untuk mencoba profesi tersebut? Sebelumnya, mari simak tips ini dulu, ya!

Beberapa poin manfaat yang telah dipaparkan sebelumnya dapat kamu jadikan salah satu motivasi agar tak jenuh. Percayalah! Kejenuhan kamu tersebut tidak seberapa dengan apa yang akan kamu peroleh nantinya. Maka dari itu, yuk, atasi sekarang juga! Atau, kamu bisa liburan dulu, gih! Tapi, setelahnya, fokuskan diri dengan tips agar tidak jenuh untuk update artikel setiap hari – berikut ini:

Rahasia dan Tips Agar Tidak Jenuh Update Artikel Setiap Hari

  1. Tema cukup menentukan

Tema menjadi salah satu faktor utama agar tak jenuh. Awalnya, cobalah untuk menuliskan tema-tema yang kamu suka saja. Paling tidak kamu melatih diri dulu untuk rajin menulis. Oleh sebab itu, jangan bebani dulu dengan tema-tema yang bikin kamu tidak sreg.

Kalau kamu menulis untuk blog kepunyaan sendiri, kamu bisa tentukan tema untuk per minggu ataupun per bulan. Jangaan lupa untuk segera menuliskan di notes handphone ketika muncul ide.

  1. Percayalah! Artikel trending akan semakin memacu kamu
Baca Juga :  Blogging, Antara Hobi dan Sumber Penghasilan

Meskipun tema-tema yang disukai akan ‘menyelamatkan’ kamu dari kemalasan menulis akan tetapi artikel yang sedang hot atau trending ternyata beda cerita. Tulisan mengenai topik yang sedang trending akan semakin memacu diri untuk rajin menulis. Ini karena biasanya topik-topik yang sedang naik daun akan lebih mudah viral!

Siapa yang tidak senang apabila tulisannya di-share oleh banyak orang? Pssst, topik-topik hangat hampir akan ditemukan setiap hari. Coba cek Google Trends Indonesia di halaman berikut ini.

  1. Siapkan kerangka tulisan dalam pikiran

Ibarat olahraga tanpa pemanasan maka biasanya akan cidera dan akan bikin malas untuk melanjutkan aktivitas olahraga esok harinya. Nah, menulis pun seperti itu! Jangan paksa diri untuk langsung duduk di depan monitor tanpa satupun ide dan kerangka tulisan. Yang ada malah kamu berkutat dengan browsing sana-sini, baca artikel yang tidak begitu diperlukan dan lainnya.

Menyiapkan kerangka tulisan dalam pikiran atau menggunakan kertas ataupun notes di handphone akan bantu kamu untuk menulis. Biasanya jika sudah punya ide, kita akan memikirkan poin-poin apa saja yang akan ditulis, bukan?

  1. Jangan terlalu banyak berpikir juga!

Loh? Memikirkan poin-poin yang akan dituliskan memang sangat membantu. Akan tetapi, jangan terlalu banyak! Yang ada kamu malah semakin bingung akan menuliskannya. Akhirnya, jenuh!

Jadi, agar kejenuhan tidak sempat datang, langsung menulislah. Tak terasa di akhir artikel yang sedang ditulis, kamu akan merasa puas karena tak menyerah pada kejenuhan. Artikel pun selesai! Terlepas dari apakah artikel tersebut benar-benar bagus atau viral-able – yang penting kamu sudah memenuhi komitmen untuk update artikel setiap hari.

  1. Nikmati kegiatan menulis

Tak ada yang lebih memotivasi selain kecintaan kamu pada dunia penulisan artikel. Nikmati kegiatan menulis dan biasanya kamu akan jarang merasa jenuh untuk menuliskan artikel, baik itu untuk blog sendiri ataupun bagian dari pekerjaan.

Baca hasil tulisan kamu dan ambil beberapa pelajaran, baik itu nilai bagus dari penulisan tersebut maupun beberapa kesalahan yang dilakukan. Dengan demikian, kamu dapat semakin mengasah kemampuan menulis dengan memperbaiki beberapa kesalahan tersebut.

Bagaimana Jika Masih Tetap Jenuh?

Tak dipungkiri bisa jadi kamu dan kita semua pernah berada di masa-masa terjenuh untuk menulis artikel ataupun update blog. Hal itu lumrah! Namanya juga manusia. Tekadkan diri untuk selesaikan deadline yang ada kemudian stop.

Iya, stop menulis dulu! Kamu butuh refreshing. Kamu bukan robot yang mampu melakukan kegiatan yang sama selama berbulan-bulan apalagi bertahun-tahun. Oleh karena itu, nikmati dulu hidup dan ‘cari udara segar’. Akuilah bahwa duduk di depan monitor sembari mengetik kalimat demi kalimat, memikirkan ide dan kemudian menulis lagi – kegiatan tersebut akan jadi membosankan suatu saat. Jadi, sediakan waktu untuk beristirahat dan menikmati dunia.

Siapa tahu setelah kembali dari istirahat ataupun liburan, kamu dapat ide menarik untuk dituliskan? Pikiran jadi segar kembali dan fisik pun siap untuk menerima tantangan menulis. Work hard, play hard! Mari menulis, mari menikmati hidup.

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

4 Responses

  1. pojokshare.comOctober 19, 2016 at 11:14 pmReply

    Salam knl bangmarten, mantap artikelnya buat blogger malas seprti saya yg update artikel sekali seminggu :D.

    Buat artikel memang tantangan berat buat para bloger. Saya aj sekarang cr sampingan d yusube.com.

    • Author

      bangmarten.comOctober 21, 2016 at 9:00 amReply

      salam kenal juga om. saya juga update artikel seminggu sekali kok. karna kalau diawal awal update keseringan, kedepannya kemungkinan bisa bosan atau malah tambah malas.. :)

  2. Ade Delina PutriOctober 22, 2016 at 2:49 pmReply

    Setuju banget semua tipsnya. Terutama soal tema itu. Saya sendiri akhirnya bisa bikin jadwal krn udh ketemu garis besar tema yg saya sukai :D

    • Author

      bangmarten.comOctober 22, 2016 at 4:23 pmReply

      wah, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya bu. mudah mudaha bisa berguna tipsnya.

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...