Tips Jitu Media Sosial Untuk Mendongkrak Bisnis Online

Media sosial adalah teropong bisnis unik yang dilengkapi sejumlah kanal multifungsi. Hampir semua pelaku usaha memanfaatkan peluang ini untuk memasarkan produknya. Tak bisa dipungkiri jika saat ini transaksi e-commerce sedang berkembang dengan pesat. Memangkas kendala jarak dan waktu sehingga target bisnis yang potensial bisa tercapai lebih cepat.

Relasi Bisnis dalam Media Sosial

Relasi pertemanan di media sosial kapanpun dapat menjadi hubungan bisnis yang saling menguntungkan. Marketing online suatu langkah strategis untuk merawat relasi dengan efektif. Terlebih lagi setelah menarik minat beli pengguna internet, yang semula berada di luar jejaring pertemanan dan kemudian mulai bergabung.

Semakin aktif berbagi informasi melalui media sosial, semakin orang mengenali karakteristik bisnis tersebut. Diantaranya melakukan sharing foto produk, upload video promosi, serta bisnis chatting. Beragam aktivitas online ini dapat mendongkrak peluang bisnis tanpa hambatan khusus. Sebab, daya tarik produk akan menggiring motivasi untuk terus mengikuti akun bisnis Anda.

Memanfaatkan Peluang Bisnis Online

Karakter produk yang unik adalah kunci untuk bertahan dalam dunia bisnis online. Namun demikian memang tak selalu mudah menjaring minat calon pembeli, lebih lagi mempertahankan pelanggan. Bergantung pada kompilasi akun media sosial, bukan jaminan untuk meraih sukses di dunia bisnis. Kualitas produk perlu dirancang seunik mungkin sehingga mudah dipasarkan melalui media sosial. Seperti kilasan contoh tentang bisnis kuliner di bawah ini.

  • Tren Bisnis Kuliner

Saat ini tren bisnis kuliner di media sosial sedang digemari. Untuk citra tampilan kuliner tersebut, diperlukan nilai estetika tertentu. Posisi makanan harus ditempatkan sebagai objek foto yang indah dan menggugah selera. Bahkan termasuk bagaimana branding produk mudah diingat oleh para pengguna medsos.

Instagram adalah aplikasi tepat untuk mengunggah foto promosi produk kuliner. Posting beberapa foto menarik sesuai dengan karakter branding produk. Berikan keterangan (quote) yang jelas karena pengguna yang tertarik akan memberi komentar dan membagikan (tag) ke teman-temannya. Promosi gratis ini nantinya meningkatkan visibilitas profil instagram dan selanjutnya menunjang bisnis kuliner Anda.

Tips Berbisnis dengan Media Sosial

  • Manfaatkan Perangkat Smartphone

Mungkin Anda telah menemukan bidang usaha kreatif sesuai kehendak hati? Untuk selanjutnya adalah memiliki sistem komunikasi digital dengan perangkat modern, guna mempermudah progress bisnis secara e-commerce. Selain koneksi PC dan laptop, beragam tipe smartphone bisa dimanfaatkan. Fiturnya mempermudah akses internet menuju ruang media sosial.

  • Konsisten Mengelola Akun Medsos

Media Sosial untuk Mendongkrak Bisnis Online

 

Suatu akun media sosial mudah diingat apabila si pemilik tetap konsisten mengupdate konten yang sesuai kebutuhan followers. Dari rutinitas ini, pengikut akun akan bertambah setiap harinya. Impresi memikat bisa diciptakan dengan desain, musik, tema warna, konsep, kualitas gambar, serta efek suara.

  1. Facebook Page
Baca Juga :  Tips dan Peluang Bisnis Waralaba untuk Pemula

Sesuai fungsinya, Facebook Page adalah halaman khusus untuk menjaring followers. Pada halaman ini admin akan menampilkan informasi produknya secara rutin. Untuk kiat optimasi, tampilkan suatu nama brand yang memiliki kata kunci sehingga mudah dimunculkan pada kolom mesin pencari. Tuliskan keterangan sejelas mungkin perihal tema dan tujuan membuat facebook page tersebut.

  1. Twitter

Kehadiran twitter bisa dijadikan sarana membangun bisnis brand di ranah online. Berhubung media sosial ini hanya dibatasi dengan 140 karakter, maka rangkaian kalimat harus padat dan berisi. Tak perlu muluk-muluk untuk menarik perhatian followers. Tuliskan topik bahasan yang mungkin sesuai karakter dari produk usaha. Jangan lupa untuk sesekali menyelipkan tautan halaman website atau toko online di sela-sela kicauan twitter.

  1. Instagram

Instagram merupakan aplikasi jejaring sosial yang memungkinkan pengguna berbagi foto secara online melalui ponsel atau smartphone. Sebagai akun bisnis, foto produk adalah jurus andalan untuk berpromosi melalui instagram. Buatlah hastag unik untuk bisnis Anda dan posting secara berkala. Pengguna akan dengan mudah menemukan foto-foto produk bisnis melalui fitur pencarian instagram. Selain itu, posting profil Anda ke halaman Facebook, Twitter, dan Google Plus sehingga pengikut di situs tersebut mudah menavigasi ke profil instagram Anda.

  1. Youtube

Menampilkan fitur video yang dapat menyerap lebih banyak pelanggan bagi bisnis Anda. Tentunya dengan membuat video promosi yang berkualitas. Kemudian mengunggah video tersebut di dalam youtube.

  1. Snapchat

Aplikasi berbagi foto dan video snapchat merupakan jejaring sosial populer di kalangan remaja. Snapchat, layaknya perpaduan antara instagram dan youtube, memungkinkan para penggunanya untuk mengirim foto dan video yang berdurasi singkat. Hal ini karena aplikasi snapchat mengandalkan koneksi gadget. Namun disini Anda bisa berbagi informasi bisnis dengan update ringan yang menyenangkan. Dengan begitu, para followers pun takkan merasa jenuh.

Inilah gambaran tentang peluang berbisnis dengan media sosial. Kreasikan halaman media sosial sehingga berkesan dan membekas dalam ingatan. Namun jangan hanya rajin memuat promosi produk. Sertakan informasi lain yang bermanfaat, antara lain update news, tips, inspirasi serta motivasi. Inilah pertanda jika Anda telah siap menjalankan promosi bisnis dengan memanfaatkan sistem internet marketing yang menyenangkan.

Post Author: Teguh Suprianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...