Tips Internet Marketing Untuk Potensi Bisnis Online

Kita mungkin penasaran tentang strategi internet marketing yang lagi booming saat ini. Tak perlu diragukan lagi, internet menyediakan berbagai peluang bisnis yang terjangkau.

Wajar apabila para pebisnis konvensional tertarik memburu potensi bisnis online. Hal terpenting daya jual produk akan meningkat pesat, sehingga profit usaha terdongkrak  dengan baik.

Berbicara tentang keuntungan internet marketing agaknya sesuatu langkah praktis tanpa hambatan. Akan tetapi, bukan berarti kita tinggal memasang gambar produk di dalam media online, lantas para konsumen datang dengan sendirinya.

Optimalisasi sistem pemasaran internet marketing ternyata masih cukup kompleks. Karena itu memahami selak-beluk dunia internet merupakan modal penting untuk bergerak dalam ruang marketing online. Bagaimana strateginya kita bisa menyimak dua bagian strategi internet marketing berikut ini.

  1. Menghasilkan Uang dari Internet

Pemasaran secara internet marketing bukan hanya menjual produk, kegiatan promosi, branding, menawarkan layanan jasa, dan sebagainya. Kita juga bisa mendapatkan penghasilan dari internet, seperti beberapa cara berikut ini.

  • PPC (Pay Per Click), merupakan sistem periklanan yang menjadikan pemilik website atau blog sebagai publisher. Iklan PPC menjadi andalan publisher untuk memperoleh uang dari pengelola iklan. Nominal income akan diperoleh dari akumulasi jumlah klik pengunjung pada iklan tersebut. Karena itu posisi iklan di dalam web dan blog harus mudah dipandang oleh viewer. Dengan begitu, ratusan klik akan menghasilkan income menjanjikan.
  • PPS (Pay Per Sale), program internet marketing ini membuat publisher memperoleh uang dari suatu link afiliasi produk. Income semakin besar apabila pengunjung web atau blog melakukan transaksi. Tepatnya karena diarahkan oleh link afiliasi menuju halaman website tertentu. Contohnya, affiliate amazon, lazada, zalora, dan lain sebagainya.
  • PPL (Pay Per Lead), publisher akan menerima pembayaran dengan cara khusus, yaitu apabila pengunjung tertarik untuk mendaftarkan email mereka melalui link affiliasi di dalam website atau blog. Contoh adalah MaxBounty.com.
  • Pelelangan Online, kita bisa memperoleh penghasilan dari internet dengan cara melelang barang (online auction) milik pribadi maupun orang lain. Keuntungan bisa diperoleh dari situs lelang terkemuka seperti eBay.com
  1. Internet Marketing untuk Promosi Online

Berbagai jenis usaha kecil sampai skala perusahaan kini menjajal promosi online melalui sistem internet marketing. Konsep pemasaran ini sangat menguntungkan karena semakin banyak orang menggunakan internet untuk membuka email, mengakses media sosial serta media online, dan lain sebagainya. Karenanya ada beberapa bentuk promosi online yang sangat bermanfaat sesuai sistem internet marketing.

  • Pasang iklan di PPC Ads, media promosi dari pengiklan dan pemilik usaha. Anda bisa memasang link website di jaringan web atau blog kepunyaan publisher. Pembayaran dilakukan hanya jika terjadi klik pada iklan.
  • Email marketing, merupakan cara promosi dari internet marketer dengan mengirimkan email ke beberapa calon konsumen atau pelanggan tetap
  • Social Media Marketing, adalah bentuk pemasaran baru dengan memanfaatkan media sosial populer. Antara lain Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google
  • SEO (Search Engine Optimization), teknik ini banyak digunakan untuk mempromosikan sebuah website. Dengan sistem SEO, kita bisa mengoptimalisasi posisi website di mesin pencari, sehingga web otomatis masuk ke halaman utama dari mesin pencarian Google.
  • Tips membuat Web atau Blog Masuk Dalam SEO dan Google AdSense. Anda harus memiliki akun yang sudah lama diaktifkan. Desain wall pada web atau blog harus dirancang unik dan atraktif. Sedangkan konten artikel perlu dimasukkan sebanyak mungkin. Namun tentunya dengan tulisan yang informatif dan menarik untuk disimak para pembaca.
Baca Juga :  Mengalami Hal Hal Berikut? Itu Tandanya Sudah Harus Memulai Bisnis Sendiri
Menjajaki Peluang Internet Marketing

Pada dasarnya semua cara internet marketing sangat terbuka untuk diterapkan dalam bisnis Anda. Namun tentunya, konsep pemasaran yang konvensional pun tidak boleh diabaikan. Berikut inspirasi marketing untuk pebisnis online;

  1. Kenali Target Market

Sebelum mendalami program internet marketing lebih jauh, terlebih dahulu siapa target market potensial harus dipastikan. Dengan demikian, Anda lebih mudah mengenali selera konsumen untuk mempermudah branding produk, terlebih di dunia online yang sangat penggunanya sangat kompleks.

  1. Pahami Internet Marketing

Internet marketing bukan sistem pemasaran yang siap pakai begitu saja. Wajar kalau saat ini banyak pelatihan atau kursus menjadi internet marketer handal. Artinya bahwa seorang pebisnis harus menguasai medan internet sebaik mungkin, termasuk segala peluang kecil di dalamnya.

Salah satu cara menggali pengetahuan adalah belajar secara autodidak. Misalnya dengan bergabung dengan komunitas internet marketing seperti di dalam grup facebook. Belajar dari orang-orang berpengalaman mungkin mempercepat kemampuan mengelola strategi marketing online. Selain itu perluas pengetahuan dengan membaca buku-buku dan artikel tentang intenet marketing. Dan hal ini akhirnya menandakan semangat diri sendiri untuk mengembangkan potensi bisnis dengan lebih memuaskan.

Post Author: Teguh Suprianto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...