4 Sumber Modal Usaha Buat Kamu Para Pelajar

Modal usaha – Jika sudah berstatus sebagai karyawan ataupun telah menjadi seorang pengusaha, memperoleh pinjaman modal usaha tak akan jadi hal yang sulit. Bahkan, mungkin kamu sama sekali tak perlu meminjam kemana pun. Dana sudah ada dari tabungan hasil bekerja ataupun dari usaha yang tengah dijalankan. Beres!

Lain halnya kalau masih berstatus mahasiswa apalagi pelajar. Mencari dana usaha tentu cukup menyulitkan karena tak ada jaminan. Mau cari kerja di suatu perusahaan pun sepertinya tak begitu mungkin. Selain belum tentu diterima, status karyawan cukup menyulitkan waktu belajar kamu.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ingin punya usaha sesegera mungkin tetapi tebentur pada modal.

Sebenarnya, kamu bisa, kok, memperoleh sumber modal usaha  bahkan tanpa meminjam! Asalkan sabar dan mau berusaha, itu kuncinya. Nah, berikut beberapa panduan untuk mewujudkan niat mulia tersebut.

Sumber Modal Usaha yang Bisa Dicoba

  1. Orangtua

Yap! Mengapa harus takut untuk meminta tolong orangtua? Sungguh patut disyukuri beberapa tahun belakangan ini banyak orangtua yang mendukung anak-anaknya yang ingin berkarya dan mencoba menjadi seorang pengusaha. Bahkan sejak dini. Nah, mengapa kamu tak manfaatkan kesempata ini untuk memperoleh dukungan dari orangtua? Dukungan moril dan dukungan dana.

Tak perlu malu ataupun takut. Asalkan kamu bisa mempresentasikan dengan baik kepada orangtua, bukan tak mungkin kamu akan didukung! Tak hanya itu, sampaikan prospek dari ide usaha yang kamu rencanakan itu serta paparkan konsepnya. Sama halnya ketika kamu ingin menarik hati investor, kamu perlu belajar kemampuan persuasi dan memiliki business plan yang bagus, bukan?

Ntah untuk memperoleh modal atau tidak, dukungan dan persetujuan orangtua tetap harus kamu peroleh.

  1. Menabung

Ini memang bukan sumber modal usaha, melainkan dana yang memang milik kamu sendiri. Pastilah kebanyakan dari kalian diberikan uang saku oleh orangtua, bukan? Berapa nominalnya? Apakah 1 juta, 1,5 juta atau bahkan lebih.

Bagaimana kamu memandang uang yang kamu terima itu? Apakah yang terpikir oleh kamu hanya akan menggunakannya sebagai dana kebutuhan hidup sehari-hari baik untuk konsumsi atau bersekolah saja? Hal ini perlu kamu pelajari lebih dalam. Ada baiknya, uang yang diterima dari orangtua tak sekadar dipandang sebagai dana kebutuhan hidup saja yang diberikan oleh orangtua. Jauh daripada itu, anggaplah uang itu benar-benar uang kamu sendiri dan perlu kamu maintenance sebaik mungkin. Pikirkan bagaimana uang tersebut bahkan bisa ‘berkembang’ lagi.

Salah satu caranya adalah dengan menyisihkan uang yang diberikan oleh orangtua. Tak hanya berguna sebagai modal usahamu kelak, kamu pun belajar untuk menabung sedini mungkin. Kelak ketika kamu sudah bekerja dan berpenghasilan sendiri, kamu mampu mengelola uang. Oh, tak harus sampai ke situ juga, niatan kamu untuk menjalankan usaha selagi masih sekolah ataupun kuliah akan lebih berjalan lancar. Itu karena kamu sudah terbiasa mengelola uang dan tak memandangnya sebagai dana yang harus dihabiskan begitu saja.

  1. Ikuti lomba

Baik mahasiswa ataupun pelajar, salah satu keuntungan dari status kalian saat ini adalah ada banyak lomba yang dikhususkan bagi kategori tersebut. Mulai dari lomba akademik hingga lomba yang menyangkut olahraga, keterampilan dan aktivitas kreatif lainnya seperti seni ataupun tulisan. Lomba-lomba ini juga sering digelar oleh sekolah sendiri, pihak luar atau bahkan bertebaran di dunia maya. Rajin-rajin saja untuk mencari informasi.

Oleh karena itu pula, sangat disarankan, meski kamu masih berstatus pelajar atau mahasiswa – memiliki satu minat khusus dan mengembangkannya akan jadi bekal di masa depan. Semisal, kamu suka olahraga, ikutlah ekstrakurikuler di bidang itu. Begitu juga kamu yang suka seni dan sebagainya. Atau, jika kamu suka menulis – coba asah terus kemampuan kamu tersebut. Siapa tahu kamu dapat memenangkan lomba tertentu. Hadiahnya biasanya jauh dari lumayan, lho! Dana tersebut bisa kamu gunakan untuk membuka usaha.

  1. Mencari pekerjaan sampingan
Baca Juga :  Tips Internet Marketing Untuk Potensi Bisnis Online

Sebenarnya, untuk menghasilkan uang, kamu tak selalu butuh modal berupa uang. Justru yang dibutuhkan adalah keahlian dan mau bekerja serta bisa menyesuaikan waktu. Namun, memang, jika kamu ingin jadi pengusaha di usia dini dengan lini bisnis sendiri – modal usaha tak pelak harus dibutuhkan.

Meskipun begitu, semua butuh proses, bukan? Nah, untuk memperoleh dana ataupun modal usaha – kamu perlu buktikan diri dulu bisa menghasilkan uang. Caranya? Bisa dengan mencari ataupun membuat pekerjaan sendiri.

Tadi telah disinggung di poin sebelumnya, selagi bersekolah atau kuliah pun kemungkinan kalian punya minat dan keahlian di bidang tertentu, bukan? Bisa olahraga, kemampuan menulis atau bahkan kalian juara di bidang akademik? Semua bisa digunakan untuk memberi penghasilan sampingan. Contohnya: Kamu yang jago di bidang akademik dapat menawarkan diri untuk mengajar privat, di bimbel atau bahkan menjadi asisten dosen. Keren, kan? Selain itu, kamu yang suka menulis, mengapa tak menawarkan jasa penulisan lewat Internet? Sekarang para penulis banyak dibutuhkan, lho, oleh orang-orang yang bergelut di dunia digital.

Ketika kamu pun pada akhirnya ingin meminta dukungan berupa pinjaman modal usaha, baik dari orangtua atau kerabat – kamu sudah punya portofolio.

  1. Magang

Langkah lainnya yang dapat kamu tempuh selain menciptakan pekerjaan sampingan sendiri adalah mencari perusahaan yang bersedia ‘menampung’ kamu. Cara ini khususnya cocok bagi mahasiswa. Biasanya beberapa perusahaan mencari mahasiswa-mahasiswa tingkat akhir atau bahkan di bawahnya lagi untuk magang di perusahaan mereka.

Tak jarang, beberapa perusahaan tersebut memberikan gaji lumayan bahkan bagi karyawan magang. Dana ini bisa kamu tabung untuk nantinya kamu jadikan modal usaha, bukan? Selain itu, kultur perusahaan yang bagus tentu akan melatih kamu untuk semangat bekerja – dimana nantinya akan berguna untuk usaha yang akan kamu jalankan. Ada banyak ilmu dan nilai-nilai menyangkut pekerjaan yang akan kamu terima dari perusahaan.

Pilihlah perusahaan dan pekerjaan yang memang sesuai minat kamu. Sebagai contoh, jika kamu sekarang berstatus mahasiswa DKV atau Desain Komunikasi Visual, mengapa tak mencoba untuk bergabung sebagai karyawan magang sebagai desainer grafis? Atau, kamu yang gemar mengobrol dan berasal dari fakultas ilmu komunikasi pula, ada banyak radio yang menawarkan pekerjaan sebagai penyiar radio bagi para mahasiswa. Asyik, kan? Kalian dapat ilmu dan dapat uang pula!

Nah, bagaimana? Tak lagi ciut soal sumber modal usaha untuk rencana bisnis kamu, kan? Yang pasti ada banyak sumber untuk mencari modal usaha yang bisa menghasilkan uang yang dapat kamu manfaatkan. Pinjaman modal usaha memang baik, namun akan lebih baik lagi apabila kamu mencari modal usaha sendiri tanpa meminjam. Dengan begitu, kamu akan lebih lega menjalankan rencana bisnis yang sudah kamu siapkan – tanpa begitu terbeban untuk memikirkan pengembalian dana yang sudah kamu pinjam. Belum lagi kamu masih harus belajar untuk UAS atau UTS. Haha.

Post Author: Nadya Kirei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...