Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Tanaman Rumah

Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Tanaman Rumah

bangmarten.com – Jenuh dengan usaha rumahan modal kecil yang sudah mainstream? Apabila ingin mencoba tantangan baru, perhatikanlah halaman di sekitar rumah Anda. Di sana ada peluang usaha yang mungkin terabaikan setiap harinya.

Budidaya tanaman di sekitar rumah adalah solusi usaha modal kecil yang tak bisa diremehkan. Sampai saat ini prospek pertanian masih cemerlang, meskipun sawah dan tanah subur banyak berkurang. Namun jika Anda terlebih dahulu membeli lahan di suatu lokasi, tentunya modal usaha tetap memberatkan.

Mengapa Berbisnis Tanaman di Rumah?

Tak perlu banyak alasan mengapa usaha modal kecil ini menjadi solusi bisnis yang menarik. Dalam memilih suatu alasan bisnis tentunya ada suatu faktor pendorong dari motivasi tersebut. Kebutuhan masyarakat dan kebutuhan rumah tangga, inilah kepentingan untuk menjajal peluang bisnis agraria di rumah.

Dengan harga bibit terjangkau, Anda bisa memanen hasil usaha yang menguntungkan. Namun tentunya proses ini membutuhkan waktu cukup lama. Maka solusi berbisnis tanaman di rumah lebih cocok untuk mereka yang memang hoby bercocok tanam. Juga tidak terburu-buru ingin memetik hasil usaha.

Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil dengan Tanaman Rumah

Solusi usaha modal kecil ternyata bisa dimulai melalui pekarangan rumah. Caranya pun sangat bervariasi. Diantaranya dengan menyulap beberapa petak tanah menjadi ruang budidaya beberapa jenis tanaman obat. Memanfaatkan sejumlah pot untuk merawat tanaman hias. Atau membuat saluran pipa hidroponik, dimana tanaman pangan tak membutuhkan tanah sebagai medianya.

  1. Tanaman Obat
Solusi Usaha Modal Kecil dengan Tanaman Rumah

image dari kyaimbeling.wordpress.com

Budidaya tanaman obat keluarga (TOGA) dapat menjadi usaha kecil dan menengah di bidang obat-obatan herbal. Setiap keluarga bisa membudidayakan tanaman obat dan memanfaatkannya. Tanaman ini bisa menjadi solusi usaha modal kecil dari sebentuk hobi menjadi bisnis keluarga. Bila ditekuni dengan serius, tentu akan memberikan income yang tidak sedikit jumlahnya.

  • Ada beragam tanaman obat yang bisa dibudidayakan di sekitar pekarangan rumah. Manfaatnya sangat beragam, untuk memasak hingga sering pula dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan. Beberapa tanaman herbal rumahan antara lain temulawak, daun dewa, kunyit, pare, seledri, lemon, serta daun mint.
  • Manfaatkan lahan sempit dengan media polybag atau pot bunga. Tanaman herbal cenderung tumbuh cepat karena cocok dengan cuaca cerah. Karena itu membutuhkan perawatan yang teratur, mulai dari membersihkan daun dari hama, menyiram, dan memupuk dengan pupuk organik.
  • Membuat bisnis dengan tanaman obat atau herbal dari pekarangan rumah tentunya jadi kebutuhan banyak orang. Baik hasil panen yang dijual mentah, ataupun sudah diolah menjadi racikan herbal alami. Karena itu agar hasil panen sesuai dengan luas lahan, fokuskan pada satu atau dua jenis tanaman saja. Begitupun seterusnya dengan perawatan rutin.
  1. Tanaman Pangan
Solusi Usaha Modal Kecil dengan Tanaman Rumah

image dari agroprima.com

Menyulap halaman rumah menjadi lahan tanaman pangan termasuk langkah positif guna mengatasi krisis pertanian. Mahalnya berbagai kebutuhan dapur dirasakan semua orang, baik dapur rumah tangga hingga dapurnya para pebisnis kuliner. Dari problema lingkungan inilah terdapat solusi usaha modal kecil yang menjanjikan.

  • Menanami halaman rumah dengan beberapa jenis sayur, sama dengan menghemat Rp. 125 ribu per bulan. Hal ini karena rumah tangga tak perlu lagi membeli sayuran, cabai, tomat, rempah dapur, dan bahan makanan lainnya.
  • Keuntungan dari lahan subur tanaman pangan ini pun mendatangkan income lumayan. Sayuran segar bisa didistribusikan di banyak tempat, dari warung sampai ke pasar. Bahkan tak jarang yang merambah supermarket, tentunya jika kualitas tanaman pangan terbukti baik.
  1. Tanaman Buah dalam Pot (Tabulampot)
Solusi Usaha Modal Kecil dengan Tanaman Rumah

image dari kaskus.co.id

Tabulampot merupakan solusi usaha modal kecil guna mengatasi keterbatasan lahan. Pembuatan tabulampot atau menanam buah dalam pot kini berkembang menjadi lahan bisnis menggiurkan.

  • Beberapa tanaman yang mudah dibudidayakan di dalam tabulampot adalah jeruk, belimbing, sawo, mangga, buah naga, dan jambu. Bila musim panen tiba, hasilnya bisa dijual serta dikonsumsi sendiri.
  • Untuk memulai usaha tabulampot Anda tidak membutuhkan modal besar. Cukup dengan modal 250 ribu untuk membeli bibit dan proses pemeliharaan tanaman. Tentunya buah-buahan di dalam tabulampot harus dipelihara dengan teratur. Maka ketika nanti berbuah, tabulampot bisa dijual seharga 2 juta rupiah bahkan lebih.
  1. Tanaman Hias
Solusi Usaha Modal Kecil dengan Tanaman Rumah

image dari andredrake.co

Menanam tanaman hias bisa membuat halaman rumah lebih asri dan nyaman. Maka tak sedikit orang yang tertarik menjajal usaha tanaman hias. Semakin menarik keindahan tanaman, makin tinggi harga jualnya.

  • Untuk memulainya Anda perlu membeli beberapa bibit tanaman hias yang umumnya digemari masyarakat, misalnya anggrek bulan
  • Kunci keberhasilan usaha modal kecil ini adalah rajin memantau perkembangan tanaman serta melakukan perawatan rutin. Antara lain penyiraman, pemupukan, pemangkasan, dan pengendalian hama
  • Jika koleksi tanaman hias sudah banyak, Anda bisa mengikuti suatu pameran tanaman hias. Inilah sarana efektif untuk memasarkan bisnis modal kecil yang sangat menguntungkan bagi keluarga.
Baca Juga :  Rumah Bekam ~ Peluang Bisnis Yang Tidak Bisa Disepelekan

Solusi usaha modal kecil dengan peluang tanaman rumah memang membutuhkan perawatan khusus. Oleh karena itu, pelaku usaha harus bersabar dalam menjalaninya. Jika dapat bersahabat dengan alam, maka bisnis rumahan sekalipun akan memetik income yang manis.

Tags: ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...