Mengalami Hal Hal Berikut? Itu Tandanya Sudah Harus Memulai Bisnis Sendiri

Mengalami Hal Hal Berikut? Itu Tandanya Sudah Harus Memulai Bisnis Sendiri
image dari dream.co.id

Setelah bertahun-tahun menjadi karyawan di sebuah perusahaan dan bahkan berpindah-pindah pekerjaan, ada kalanya kamu harus memikirkan satu hal penting! Ya, penting untuk dipertimbangkan apalagi karena menyangkut masa depan kamu. Tak dipungkiri, ada masa-masa dimana kita merasa sudah jenuh dengan pekerjaan sekarang. Hal itu ada yang wajar namun ada pula yang sudah tidak wajar.

Apa yang sudah tidak wajar? Mari kita lihat tanda bahwa kamu harus sudah berhenti bekerja dan bahkan memulai bisnis sendiri.

Tanda Harus Berhenti Bekerja di Perusahaan Sekarang
  1. Hilang semangat berangkat kerja

Tanda pertama yang mesti kamu pertimbangkan adalah kamu kehilangan semangat yang biasanya pagi-pagi datang ke kantor. Kamu merasa lebih nyaman di rumah ketimbang di kantor. Memang perasaan ini bisa jadi perasaan sesaat saja, akan tetapi kalau ini terus-menerus terjadi – itu artinya ada sesuatu yang tidak sesuai dengan pekerjaan yang kamu lakoni.

  1. Perusahaan tempat kamu bekerja mulai ‘jatuh’

Pada umumnya ini terjadi pada perusahaan baru, meski tak menutup kemungkinan akan menjadi perusahaan besar dan langgeng. Kalau kamu merasa perusahaan tempat kamu bekerja mulai ‘goyang’, itu tandanya kamu harus waspada. Hal ini ditandai dengan seringnya meeting tertutup hanya untuk karyawan level atas. Jangan tunggu sampai perusahaan bangkrut, itu artinya kamu akan lebih urgen lagi cari kerja dan bisa jadi tidak siap. Tidak hanya itu, kamu pun harus bersaing dengan teman-teman sekantor untuk memperoleh pekerjaan.

  1. Tidak ada peningkatan

Ntah sadar atau tidak, bisa jadi selama ini ternyata kamu stuck dngan apa yang kamu kerjakan. Padahal kamu perlu peningkatan karir, bukan? Nah, apabila kamu tak merasa belajar hal-hal baru lagi di pekerjaan sekarang atau menjadi karyawan – ada baiknya kamu pikirkan lebih jauh mengenai bisnis sendiri.

  1. Kesehatan dan kehidupan pribadi terganggu

Percayalah! Gaji yang tinggi sekalipun tak akan sebanding dengan kesehatan dan kehidupan pribadi yang terjaga. Kalau kamu stres dan menderita penyakit, gaji yang kamu peroleh malah habis untuk membiayai perawatan, bukan? Jadi, pikir-pikir lagi deh! Mungkin sudah waktunya kamu keluar dari drama kantor ataupun pekerjaan sebagai karyawan yang cukup menyita pikiran dan kesehatan kamu. Memulai bisnis sendiri, mungkin?

  1. Mulai melihat potensi bisnis sendiri

Satu tanda lain yang cukup menguatkan adalah kamu mulai iri dengan orang-orang yang bekerja di rumah ataupun sudah memiliki bisnis sendiri. Dulu mungkin kamu diselimuti pemikiran bahwa bekerja di kantor itu keren, namun sekarang malah sebaliknya. Kamu merasakan cukup banyak tekanan di kantor dan sudah saatnya kamu menghirup udara kebebasan dengan menjalankan bisnis sendiri.

Tak dipungkiri bahwa sebenarnya memiliki bisnis sendiri menjadi salah satu acuan kesuksesan seseorang. Bukan sekadar mengedepankan ego juga, ya! Namun, ada hal-hal yang ternyata bukan sekadar perasaan juga ternyata. Mari kita lanjutkan tanda-tanda berikut ini – yang memberikan bukti bahwa kamu harus mulai berbisnis sendiri atau jadi seorang entrepreneur.

Saatnya Kamu Memulai Bisnis Sendiri!

  1. Sudah mulai browsing dan mencari peluang usaha

Ketika jam istirahat, kamu sudah mulai browsing peluang usaha apa yang bisa kamu lakukan sebagai karyawan. Seperti misalnya, menjadi penulis lepas, menjadi dropshipper atau reseller, menjual produk-produk hand-made dan sebagainya. Bahkan, kamu tak lagi sekadar hanya browsing akan tetapi…

  1. Mulai mencoba beberapa usaha sampingan

Yap! Kamu tak lagi sekadar browsing dan hanya tinggal kenangan begitu saja. Kamu bahkan sudah mulai mencoba usaha sampingan yang sesuai passion kamu sekarang. Ntah itu sesuai dengan background pekerjaan kamu sekarang ataukah ternyata bisnis lain yang kamu suka dari bakat terpendam kamu. Contohnya, kamu sudah mulai menjalankan bisnis online seperti misalnya berjualan produk. Atau, di lain pihak, ternyata kamu sudah mampu bernegosiasi dengan klien-klien di luar dan mengambil proyek dari luar kantor yang sesuai dengan pekerjaan sekarang.

  1. Mampu membaca peluang bisnis yang ada
Baca Juga :  Kiat Penting Menjajal Peluang Usaha Makanan Online

Sembari bekerja sebagai karyawan, fokus kamu tak lagi hanya menyelesaikan tugas-tugas kantor melainkan menjalankan bisnis yang sudah kamu rintis. Kamu bahkan sekarang sudah mampu membaca peluang bisnis yang ada – baik di dalam kantor ataupun peluang dari luar kantor. Kalau kamu sudah punya kemampuan seperti itu, ayo, pikirkan lagi bisnis kamu sekarang! Jangan ‘nanggung’ tetapi coba gali lagi apa yang harus kamu lakukan dan apa yang bisa kamu lakukan.

  1. Tak takut rugi

Ada perbedaan antara “takut rugi” dan memikirkan bagaimana caranya supaya tak rugi. Rugi itu mungkin saja terjadi, akan tetapi sebelum itu terjadi tentu bisa dicegah, bukan? Nah, kalau kamu sudah pada tahap ini – itu artinya kamu sudah punya mental cukup kuat untuk memulai sebuah bisnis sendiri. Yang ada dalam pikiran sekarang adalah strategi, strategi dan strategi agar tak merugi. Yap! Kamu tak lagi gentar dengan risiko yang ada.

Apakah kamu salah seorang yang memiliki tanda-tanda di atas? Tanda-tanda yang disebutkan di artikel ini patut kamu pikirkan. Tidak mungkin kita selamanya menjadi karyawan dan tidak mungkin pula perusahaan tempat kamu bekerja sekarang ini akan menggandeng kamu selamanya. Oleh karena itu, bersiaplah untuk berkembang dan mampu ‘berdiri sendiri’.

Memang, memulai bisnis sendiri taklah mudah. Telah disinggung sebelumnya bahwa kamu harus punya mental kuat. Mungkin beberapa tips berikut akan membantu kamu bertekad untuk serius dengan bisnis yang sedang kamu rintis tersebut:

  • Analisis dan perencanaan yang kuat. Memang ketika kamu sudah memulai bisnis tersebut ketika berstatus karyawan, kamu tentu sudah punya perencanaan. Akan tetapi, ketika kamu benar-benar menjadikan bisnis tersebut sebagai sumber penghasilan – bikin planning yang kuat dengan menyertakan beberapa opsi.
  • Persiapan modal yang matang diperlukan. Bagaimanapun bisnis sendiri tentu butuh modal sendiri. Jadi, ketika kamu sudah punya modal sendiri dan tabungan dana darurat pula, itu artinya kamu sudah mapan. Kamu siap untuk memulai usaha karena kamu tak lagi urgen soal kebutuhan hidup, melainkan urgen soal pengembangan karir dan kemampuan menghasilan uang.
  • Perluas networking kamu saat ini karena jaringan pertemanan secara bisnis tersebut akan membantu usaha yang kamu jalankan sekarang. Selain itu, kamu dapat menambah ilmu melalui pertemanan tersebut. Jadi, meski berlabel bisnis ‘sendiri’, bukan berarti kamu harus benar-benar ‘sendiri’ menjalankan bisnis tersebut. Kamu tetap butuh teman – baik sebagai partner bisnis ataupun sebagai klien.

Nah, sudah siap dengan dunia bisnis? Siapkan diri kamu mulai sekarang. Memulai bisnis bukan sekadar mengikuti arus melainkan karena passion. Dengan passion tentu kemungkinan besar bisnis yang kamu jalankan akan berujung sukses. Siapa yang bisa tebak jika suatu saat nanti kamu akan berbagi cerita ke publik mengenai perjalanan bisnis yang sudah kamu rintis sejak masa bekerja sebagai karyawan tersebut?

Salam sukses!

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

2 Responses

  1. AureliaMay 11, 2016 at 11:10 amReply

    Yuup, saatnya buka bisnis sendirii nih, agar hidup lebih sehaat, jadi boss atas diri sendiri

  2. Arifin TjokroFebruary 20, 2017 at 4:31 pmReply

    benar sekali, jika memang sudah mengalami hal di atas memang sebaiknya untuk memulai bisnis sendiri, kenapa tidak.

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...

%d bloggers like this: