Rumah Bekam ~ Peluang Bisnis Yang Tidak Bisa Disepelekan

Peluang Bisnis Bekam

Bekam adalah sistem penyembuhan tradisional yang dilakukan dengan mengeluarkan darah kotor dari kulit dengan cara dihisap. Dulu model penyembuhan dengan cara ini sudah lazim dilakukan oleh bangsa Arab.  Kemudia menyebar secara cepat ke benua lainnya. Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dengan pengobatan medote ini ;

  1. Bekam ini dapat mengobati penyakit migren, pusing maupun sakit kepala.
  2. Dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tiggi atau hipertensi.
  3. Vertigo juga dapat sembuh dengan pengobatan ini.
  4. Mengobati penyakit jerawat

Ada dua jenis cara pengobatan ini yaitu bekam kering dan bekam basah. Bekam kering ini diperuntukkan untuk mereka yang takut akan jarum suntik dan takut melihat darah. Daerah kulit yang dibekam akan terlihat merah kehitam hitaman lebih kurang 3 atau 4 hari. Sedangkan bekam basah dilakukan dengan cara menusukkan jarum ke area kulit yang akan dibekam dan dihisap dengan hand pump untuk mengisap darah kotornya.

Melihat banyaknya manfaat dari metode bekam ini, wajar kalau banyak masyarakat tertarik untuk mencobanya disamping pengobatan medis. Kamu bisa menjadikan ini menjadi sebuah peluang bisnis. Hanya perlu memperhatikan beberapa hal yaitu ;

  1. Belajar dan mencari ilmu tentang pengobatan alternative ini. Kamu bisa mengikuti pelatihan pelatihan yang sudah banyak diadakan di berbagai kota. Selain itu bisa juga dengan mencari sumber pembelajaran dari internet, buku atau referensi lain.
  2. Jika dirasa ilmu sudah cukup, kamu sudah bisa survey alat alat bekam ini. Ada banyak jenis yang tersedia di pasaran, bahan yang terbuat dari kaca sampai tanduk hewan. Namun biasanya yang banyak dipakai oleh pelaku bisnis ini adalah alat bekam kop angin. Selain murah, penggunaannya juga mudah. Kisaran harganya adalah rp 50.000 sampai rp 250.000.
  3. Memikirkan cara pemasaran yang tepat. Jika masih pemula, bisa mencoba metode pamphlet, leaflet atau via internet. Ada banyak cara mempromosikan jasa bekam ini.
  4. Jika dirasa sudah memiliki cukup banyak klien, kamu boleh mencoba untuk membuka praktek sendiri dan merektrut karyawan. Berilah juga pelatihan kepada karyawan tersebut agar dapat ikut menjaga reputasi kamu.

Karena metode bekam ini adalah metode tradisional, maka pasti tidak luput dari berbagai hambatan, yaitu ;

  1. Bagi orang yang takut atau ngeri akan darah, sebisa mungkin akan menghindari metode pengobatan ini. Hal ini disebabkan karena masih kurangnya informasi mengenai manfaat bekam ini kepada konsumen. Banyak praktek pengobatan ini tidak menginformasikan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Disinilah perlunya pelatihan pelatihan tadi. Bagaimana caranya menjelaskan kepada konsumen maupun calon konsumen bahwa darah yang dikeluarkan dari tubuh itu adalah darah kotor dan megandung racun sehingga harus dibuang.
  2. Kadang sulit melobi pihak tertentu untuk mengucurkan kredit pinjaman untuk pengembangan usaha.
Baca Juga :  Solusi Usaha Rumahan Modal Kecil Dengan Tanaman Rumah

Apa saja strategi yang bisa kamu terapkan disini? Ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan sebagai acuan.

  1. Direct selling door to door masih menjadi pilar utama dalam pemasaran produk. Kamu tidak harus mengetuk setiap pintu rumah yang ada. Kamu bisa mencontoh strategi pemasaran tukang servis AC. Caranya dengan membuat banyak copy tentang usaha kamu, lalu meletakkanya di gerbang rumah atau memasukkannya kedalam kotak surat mereka. Terbukti cara ini sangat ampuh walaupun terlihat sangat melelahkan.
  2. Kalau sudah memiliki banyak klien kamu sudah bisa mencari tempat untuk membuka praktek. Bukan asal memilih lokasi saja, kamu harus melihat pangsa pasar pengobatan bekam ini. Bisa dipastikan usahamu akan kurang berhasil jika membuka tempat praktek di daerah daerah elit. Untuk awal. cobalah membuka tempat disekitar daerah pasar rakyat, pinggir jalan raya, daerah sekitar rumah ibadah. Hal ini juga akan membantu calon konsumen yang ingin ke tempat praktekmu dapat menemukannya dengan cepat.
  3. Rajin rajinlah membagi ilmu mengenai manfaat bekam ini. Contohnya, kamu bisa menulis artikel dan mempublishnya di media sosial seperti facebook, kompasiana atau lainnya tentang manfaat bekam terhadap kesehatan tubuh. Diakhir artikel kamu bisa mencantumkan alamat praktek kamu. Selain membagi ilmu kamu juga sekalian berpromosi.
  4. Berilah promosi promosi menarik bagi customer. Contohnya memberi diskon kepada pelanggan setia. Cara menarik lainnya adalah pemberian pelatihan bekam untuk customer yang sudah melakukan bekam sekian kali, diskon menyambun ramadhan, diskon ulang tahun dan banyak lagi.

Pengobatan alternatif ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Baiknya dilakukan sebulan sekali secara rutin walaupun kondisi tubuh dalam keadaan sehat.

Post Author: bangmarten.com

I'm an ordinary who desires nothing more than just an ordinary chance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...