SIM Kamu Expired? Ini Cara Perpanjang SIM Online

Perpanjang SIM online – Di jaman modern ini, perpanjangan SIM ternyata semakin dipermudah. Tahun lalu, sistem perpanjang SIM secara online sudah diresmikan. Bahkan, waktu untuk menunggu prosesnya hanya 5 menit saja. Lebih cepat dari sistem manual selama ini.

Tujuan layanan perpanjangan SIM secara online pun tidak lepas dari keinginan pemerintah kita untuk membangkitkan kesadaran masyarakat akan penting dan gunanya perpanjangan SIM. Karena dengan sistem online lebih mudah dan cepat, maka kamu tidak boleh mengabaikannya lagi. Masalah pencaloan dalam perpanjangan SIM yang selama ini banyak terjadi juga bisa dihindari dengan adanya sistem online ini. Tapi bukan berarti perpanjang sim ini dapat dilakukan dirumah ya.

SIM Online
sim onlive via mobil 123.com

Cara melakukan perpanjangan SIM secara online mudah kok. Kamu hanya memerlukan SIM asli dan KTP asli yang masih berlaku. Serahkan kedua persyaratan tersebut ke Satpas atau Satuan Pelaksana Administrasi di Polda terdekat. Nantinya, kamu akan diminta mengisi formulir, termasuk di dalamnya melampirkan foto dan rumus sidik jari.

Kamu pun diharuskan kembali melakukan pemeriksaan kesehatan di tempat dan dokter atau tim yang sudah disediakan. Pemerikasaan ini untuk memastikan jika kamu masih memiliki kondisi tubuh yang fit untuk membawa kendaraan tersebut atau tidak. Besaran biaya test kesehatan ini bervariasi tergantung daerahnya. Tapi yang pasti dibawah Rp 50.000

Mungkin, kamu merasa sistem online ini sama saja dengan yang manual karena tetap harus pergi ke kantor polisi atau Polda tersebut. Namun, pada prosesnya jika dibandingkan dengan cara manual lebih cepat karena data yang Kamu masukan cukup diinput dan bisa segera dicetak. Terasa lebih efisien.

Dalam hal biaya pun terjangkau bahkan lebih murah dibanding biaya perpanjangan SIM secara manual. Biaya yang dikeluarkan untuk perpanjang sim dibawah Rp 100.000. Tergantung jenis sim yang akan kamu perpanjang. Untuk lebih tepatnya, kamu bisa berkunjung kesini. Disitu tertulis lengkap biaya pembuatan SIM dan perpanjangan berbagai jenis SIM yg berlaku di Indonesia

Melihat prosesnya yang cepat, kamu bisa melakukan perpanjangan SIM secara online ini di sela-sela kesibukan. Misalnya, saat istirahat jam kerja. Biayanya begitu murah dibanding kamu harus menyuruh orang atau melalui calo yang akan memakan biaya lebih banyak.

Kamu yang saat ini ada di luar kota atau wilayah yang berbeda dengan yang ada di KTP pun, tetap bisa melakukan perpanjangan tersebut. Karena online, pengurusan perpanjangan SIM dapat dilakukan dimana saja, di seluruh ibu kota provinsi yang ada di Indonesia.

Sebagai bagian dari inovasi, adanya layanan perpanjangan SIM online memang sangat membantu masyarakat. Selain itu, tugas pengurusannya pun jadi lebih ringan. Lebih ekonomisnya perpanjangan SIM online juga mampu membuktikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang peka terhadap perkembangan teknlogi, mengingat masyrakatnya kini lebih menyukai sesuatu yang dikerjakan dengan praktis, tidak memakan waktu dan biaya.

Tapi ingat teman teman, perpanjang sim online ini hanya berlaku untuk sim A dan C. Selain itu tetap harus mengikuti mekanisme manual yang berlaku.

Jadwal Dan Lokasi SIM Keliling

Lalu, sehubungan dengan kebutuhan masyarakat akan kepraktisan, kini telah hadir juga yang disebut SIM Keliling. SIM keliling merupakan program baru yang mempermudah perpanjangan SIM dengan tanpa harus datang ke kantor polisi seperti yang selama ini biasa kita dengar atau lakukan.

Baca Juga :  5 Tokoh Dibalik Peristiwa Sumpah Pemuda
SIM Keliling
SIM Keliling via solarsuryaindonesia.com

Kita tentu tahu jika kasus pelanggaran lalu lintas akhir-akhir ini banyak terjadi dan salah satunya pengendara yang tidak memiliki SIM. Maka, SIM Keliling pun dihadirkan sebagai bagian dari kemudahan untuk melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi tersebut agar masyarakat memiliki kesadaran akan pentingnya berkendara dengan benar, mematuhi seluruh peraturan yang dimulai dengan kepemilikan SIM yang berlaku tersebut. Kepraktisan yang ditawarkan SIM Keliling pun hampir sama dengan SIM Online, hanya saja perbedaan ada pada tempatnya.

Datang ke SIM Keliling, kamu hanya perlu meluangkan waktu sebentar di sela kesibukan. Persyaratan yang harus disiapkan pun hanya KTP yang masih berlaku dan SIM lama atau sebelumnya yang sudah habis masa berlakunya. SIM Keliling, sesuai namanya akan berkeliling setiap hari dan diam di satu tempat, di tempat yang gampang ditemukan atau ramai dikunjungi, seperti pos polisi, pusat perbelanjaan, atau car free day.

Kamu bisa datang ke SIM Keliling yang paling dekat dengan tempat kamu. Tempat ini pun biasa diberitahukan lewat update di internet atau informasi dari radio di daerah setempat. Sejak jam 9 pagi, pelayanannya pun sudah dibuka. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengunjungi halama ini untuk mengetahui jadwal dan lokasi sim keliling ini.

Ketika negara atau pemertintah semakin mempermudah pelayanan agar kita tidak melalaikan aturan, harusnya tidak lagi mengabaikannya lagi. SIM bukan hanya sekedar kartu izin tapi kartu yang menyatakan kita layak mengemudikan kendaraan. Kelayakan yang dibuktikan dengan SIM pun dapat menjadi salah satu cara mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas.

Oleh karena itu, dalam membuat SIM tersebut pastikan kita melakukan semua prosedurnya. Walaupun, tidak jarang juga ada kenakalan dengan pembuatan SIM dengan sistem ‘tembak’ atau menyogok dimana kita hanya membayar dengan jumlah tertentu dan tahu-tahu SIM sudah jadi. Kenakalan ini harus dihindari.

Selain merupakan bentuk kecurangan, kelayakan kamu dalam berkendara tentu masih dipertanyakan. Mereka yang memberi saran atau menerima sogokan pun sebagai orang yang melakukan pelanggaran telah Kamu dukung.

Peraturan dalam berkendara sebaiknya kamu juga terangkan kepada anak. Mengingat, tidak jarang banyak orangtua saat ini yang sudah membiarkan anaknya yang berumur di bawah 17 tahun sudah membawa sepeda motor atau mobil. Alasannya, agar anaknya yang pelajar tidak terlambat ke sekolah. Padahal, hal ini membahayakan.

Bahkan, tidak hanya pada anak yang sudah masuk Sekolah Menengah Atas saja, yang masih Sekolah Menengah Pertama pun sudah diberikan kebebasan oleh orangtuanya tersebut menggunakan sepeda motor.

Mengajari berkendara pada anak memang tidak salah. Tapi, sebaiknya perhatikan usianya. Mungkin saja kamu tidak memberikan kebebasan dulu mengendarai sepeda motor atau mobil kepadanya. Tapi, karena sudah bisa bukan tidak mungkin tanpa sepengetahuan kamu ia mengendarai milik temannya.

Memberikan hadiah kendaraan pun demikian, sebaiknya perhatikan usianya. Kecuali, jika kamu memberikan hadiah mobil yang lengkap memberikan fasilitas supir untuk menghindari anak mengendarai sendiri. Kewasapadaan harus orangtua miliki, jangan sampai menyesal ketika terjadi kecelakaan yang akhirnya diketahui bahwa tanpa ataupun sepengetahuan kamu, anak kamu ini belum waktunya mengendarai kendaraan bermotor karena belum memiliki SIM tersebut.

Post Author: Nadya Kirei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...