Tips dan Peluang Bisnis Waralaba untuk Pemula

Tips dan Peluang Bisnis Waralaba untuk Pemula
image dari dreamstime.com

Peluang bisnis waralaba cukup potensial bagi para pengusaha pemula. Tertantang dengan potensi waralaba? Di dalam franchise ada kesempatan praktis untuk belajar memulai usaha. Yaitu pengalaman memutar roda bisnis yang telah siap bekerja, ready to wear.

Memilih peluang bisnis waralaba agaknya menarik. Manajemen usahanya sudah tertata rapi sedari branding produk, bahan dan peralatan, hingga termasuk bagaimana konsep marketing. Umumnya produk perusahaan waralaba dibuat unik sehingga mudah akrab dengan minat masyarakat. Kematangan ini menjamin sistem pemasaran lebih mudah dilakukan oleh calon pengusaha.

Hal krusial lain adalah modal awal untuk menjalin kemitraan waralaba tidak sedikit. Namun banyak calon pengusaha yang tak begitu keberatan. Menanti hasil keuntungan dari peluang bisnis waralaba sangat menggiurkan. Tentunya setelah modal usaha belasan sampai puluhan juta berhasil kembali melalui penjualan produk atau jasa franchise.

Nah, secara pasti apa saja manfaat dan keuntungan dari hasil menanam investasi untuk peluang bisnis waralaba?

  1. Masalah Manajemen Usaha
  • Calon pengusaha tidak perlu pusing memikirkan prosedur teknikal dalam mengatur bisnis ini. Pihak franchisor tentu mengatur segalanya melalui standar operasional prosedur (SOP) milik perusahaan.
  1. Nilai Jual Produk Waralaba
  • Produk yang ditawarkan sudah dirancang seunik mungkin sehingga mempunyai daya tarik berbeda dari kompetitornya. Sehingga bisnis dapat terus berkembang tanpa perlu cemas dengan kehadiran para pesaing baru.
  1. Risiko Kerugian
  • Risiko bisnis tidak terlalu tinggi. Usaha franchise sudah memiliki promosi dan manajemen yang sistematis. Kecuali jika Anda memilig waralaba yang masih baru dan belum banyak dikenal orang.
  1. Keuntungan Cepat Kembali
  • Meskipun nilai investasi cukup besar, tapi keuntungan akan cepat kembali dalam waktu beberapa bulan. Tentunya bergantung dari seberapa besar kerja keras di lapangan.
  1. Training atau Pelatihan Khusus
  • Peluang bisnis waralaba tidak menuntut keterampilan bisnis tertentu. Karenanya pihak franchisor memberikan training untuk para franchisee, yaitu tentang bagaimana sistem kerja waralaba tersebut sesuai dengan ketentuan dari manajemen SOP.
  1. Pengalaman Berbisnis
  • Franchisee akan mendapat pengalaman dan keterampilan baru dalam menjalankan usaha. Anggaplah trik bisnis ini sebagai bekal jika nantinya ingin membuka bisnis yang mandiri.

Menjajal Peluang Bisnis Waralaba

Menjajal Peluang Bisnis Waralaba

image dari tinobusiness.com

Ada berbagai peluang bisnis waralaba yang bisa dipilih dengan perhitungan modal yang berbeda. Di bawah ini lima contoh usaha waralaba yang sudah dikenal masyarakat.

  1. Waralaba Makanan Siap Saji

Nama waralaba Kebab Turki Baba Raffi tidak asing lagi untuk penggemar camilan siap saji. Usaha kebab Baba Raffi sangat booming karena citarasa menggiurkan khas Timur Tengah. Karenanya tak salah untuk mencoba bisnis waralaba kebab unik ini.

  1. Waralaba Laundy
Baca Juga :  4 Sumber Modal Usaha Buat Kamu Para Pelajar

Tak hanya kuliner yang bisa dijalankan dengan bisnis waralaba. Ada lagi bidang lain yang sukses dan memiliki banyak outlet. Seperti halnya usaha binatu atau laundry kiloan Simply Fresh Laundry. Untuk bergabung dengan waralaba ini, Anda harus mematok harga investasi yang cukup tinggi, dimulai dari paket standar seharga 80 juta rupiah sampai paket ekslusif sekitar 104 juta rupiah.

  1. Waralaba Merchandise

Keunikan bisnis personal merchandise merupakan bisnis yang sangat diminati kaum muda. Kedai digital, salah satunya yang membuka peluang waralaba untuk jasa pembuatan mug, mouse pad, pin, dan gantungan kunci dari foto konsumen.

Kemitraan ini cocok bagi Anda yang ingin membidik target fresh yaitu para konsumen muda. Karena itu waralaba Kedai Digital membutuhkan total investasi sekitar 15 sampai 25 juta rupiah, sudah termasuk bahan baku dan mesin, serta pelatihan kerja.

  1. Waralaba Minuman

Merintis peluang bisnis waralaba minuman sangat potensial. Waralaba ini jelas mampu menjaring target konsumen dari segala lapis usia. Diantaranya adalah minuman cokelat bernama Monster Ice Blend. Pilihan paket waralabanya cukup terjangkau, berkisar antara harga 6 juta sampai 8 juta rupiah dengan fasilitas booth serta perlengkapan lainnya.

  1. Waralaba Bubur Bayi

Peluang bisnis waralaba bubur bayi memberi tawaran investasi yang masih terjangkau untuk pemula. Selain itu pangsa pasar bisnis ini sangat pesat dan akan terus bertambah, yaitu kalangan ibu rumah tangga serta balita.

Jika tertarik menjajal waralaba bubur bayi, Anda bisa mencari peluang dari Bunnaya Bubur Bayi Sehat. Info selengkapnya bisa dilihat disini. Bunnaya mulai diminati karena memenuhi kebutuhan makanan sehat anak dari bahan organik. Nah, cukup investasikan modal sebesar Rp. 8.000.000 rupiah untuk memulai waralaba makanan bayi ini.

Melihat berbagai ulasan peluang bisnis waralaba, mungkin Anda ragu dengan kapasitas modal yang cukup besar. Namun demikian, biaya investasi tentunya sebanding dengan pengalaman bisnis yang akan diperoleh. Maka amat disarankan untuk memulai dari waralaba kecil dengan permodalan di bawah harga belasan juta rupiah.

Sekian tips tentang peluang bisnis waralaba untuk pemula. Semoga bermanfaat!

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. HafizJune 4, 2016 at 7:48 amReply

    terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EKONOMI

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...