Peluang Bisnis Produsen Boneka Ini Sangat Menggiurkan Ternyata

Peluang Bisnis Produsen Boneka Ini Sangat Menggiurkan Ternyata
image dari bonekabandung.wordpress.com

Peluang Bisnis Produsen Boneka

image dari bonekabandung.wordpress.com

Apabila bosan menjadi tengkulak, beranilah menjadi produsen. Apakah produk boneka ini memiliki peluang bagus dalam penjualan? Kalau dilihat dari komposisi jumlah penduduk saat ini, konon jumlah perempuan lebih banyak dari laki-laki (4:1) maka dapat dipastikan prospek bisnis ini sangat cerah. Contohnya pak Monang yang berasal dari Medan. Beliau adalah produsen rumah Barbie. Hampir setiap anak perempuan pasti memiliki atau menginginkan mainan berupa boneka. Apalagi jika kamu dapat menciptakan tren boneka baru, seperti tren boneka muslimah berwajah Timur Tengah yamg mulai marakdi pasaran menyaingi si Barbie boneka ala Barat.

Memulai Bisnis Produsen Boneka.

Beberapa tahap yang harus dilalui untuk memulai bisnis sebagai produsen boneka adalah sebagai berikut.

  1. Mencari ide jenis boneka seperti apa yang belum ada di pasaran, tetapi memiliki peluang penjualan bagus atau diminati banyak konsumen.
  2. Pelajari cara memproduksinya. Bisa menggali data dari berjalan-jalan di pasar, mencari informasi di internet, membaca buku, dan Iain-lain.
  3. Mencari bahan baku. Setelah menguasai teknik produksi dilanjutkan dengan hunting bahan baku. Bisa dibeli di pasar grosir atau sentra penjualan barang setengah jadi.
  4. Muiai merancang baju boneka dan mencari bahan pakaian yang tepat untuk produknya. Bila memungkinkan untuk menjahit sendiri, itu lebih baik karena dapat menghemat gaji karyawan. Namun, bila tidak memungkinkan, bisa mengorder ke orang lain dengan rancangan dari kita, lalu kita membayar setiap baju dengan harga sesuai kesepakatan.
  5. Mengemas barang dagangan secantik dan semenarik mungkin.
  6. Mulai menentukan strategi pemasaran, apakah dengan direct selling, berjualan di suatu tempat yang ramai pengunjung atau yang lain, dan membidik konsumen sasaran atau pasar potensial.

Hambatan Bisnis Ini.

Setiap bisnis ada hambatan yang akan dihadapi. Seperti halnya bisnis boneka ini. Meski menjadi produsen boneka unik dan pencetus ide awal bukan berarti sepi dari hambatan. Beberapa hambatan yang akan kamu alami dalam bisnis ini adalah sebagai berikut.

  1. Mulai bermunculannya produsen produsen sejenis. Hal ini tentu saja menjadikan munculnya persaingan.
  2. Jika mengambil bahan baku impor, harganya sangat bergantung dolar. Jika dolar naik, biaya produksi tentu juga akan naik. Jika biaya produksi naik, harga penjualan tentu naik juga. Di sinilah akan muncul kendala baru jika ternyata pasar tidak siap untuk menerima kenaikan harga jual.
  3. Kenaikan harga bahan pokok, terutama bensin, atau gas seperti saat ini, turut pula mengurangi daya beli masayarakat. Mereka pasti akan lebih memprioritaskan membeli bahan-bahan pokok dibanding membelikan mainan anakyang harganya cenderung mahal.
Baca Juga :  Rumah Bekam ~ Peluang Bisnis Yang Tidak Bisa Disepelekan

Strategi Bisnis Peluang Usaha Ini.

Menghadapi persaingan bisnis adalah hal biasa. Selama persaingan yang dilakukan adalah persaingan sehat. Bersaing dalam hal ini justru memicu kreativitas. Yang harus dilakukan adalah bagaimana terus meningkatkan  kinerja agar menghasilkan produk berkualitas dan terus digemari masyarakat. Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pe produksi sendiri antara lain sebagai berikut.

  1. Merancang baju boneka semenarik mungkin.
  2. Buat kemasan yang cantik dan menarik yang sekiranya berbeda dengan produsen lain yang bergerak di bidang yang sama. Untuk bisa tampil beda dengan produsen lain, inspirasinya bisa didapat dengan survey pasar.
  3. Beri label atau merek tertentu agar konsumen tahu brand produk kita. Label juga bisa menunjukkan kualitas tertentu pada produk bahkan bisa menunjukkan sekelas mana produk kita. Misalnya merek tertentu yang sudah terkenal berkualitas tinggi, biasanya orang yang berkelas dan memburu kualitas akan mengejar produk tersebut meski lebih mahal dari yang lain.
  4. Saat dipajang di toko atau kios, buatlah penataan barang yang rapi dan indah dipandang mata sehingga mengundang minat konsumen.
  5. Produk boneka ini juga bisa dijual dengan sistem direct selling di tempat berjualan yang tepat sasaran. Karena harga produknya sendiri mahal untuk ukuran mainan anak (meski masih di bawah hagi Barbie) penjualannya bisa dilakukan di kalangan yang menengah ke atas.
  6. Menyuplai barang ke mall-mall, toko-toko, dan penjual perorangan yang berminat terhadap produk ini. Untuk menekan biaya pengiriman barang harus pintar-pintar mencari tempat pengiriman barang yang harganya cocok dengan keinginan kita. Untuk pengiriman cepat memakai jasa pengiriman apa, dan sebagainya.
  7. Promosi dengan menyebarkan kartu nama, brosur atau pamphlet.
  8. Mengikuti berbagai event pameran. Selain mendapatkan pelanggan baru, mengikuti pameran juga dapat memperluas jaringan bisnis karena disana kamu akan bertemu dengan banyak pebisnis.
  9. Lengkapi produksi dengan pernak pernik boneka lain, baju boneka, sepatu, topi dan aneka aksesoris lainnya.
Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...

%d bloggers like this: