Pengen Leluasa Mengemudi Di Negara Lain? Urus Dulu SIM Internasionalnya.

Pengen Leluasa Mengemudi Di Negara Lain? Urus Dulu SIM Internasionalnya.
image dari home.bt.com

SIM Internasional – Dalam bahasa Inggris, SIM Internasional disebut dengan International Driving Permits. Dengan memiliki SIM tersebut, kamu bisa berkendara seperti di Indonesia secara nyaman karena sudah mengantongi izin mengemudi tersebut. Untuk SIM Internasional yang dibuat di Indonesia, selain menggunakan bahasa Indonesia, SIM tersebut juga dilengkapi dengan 8 bahasa negara lainnya.

SIM Internasional ini bisa digunakan hingga di 174 negara seluruh dunia. Namun, SIM ini bukan SIM yang bisa kamu gunakan layaknya SIM Nasional. SIM ini berlaku dan hanya dapat kamu gunakan ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

SIM Internasional bagi kamu yang sering bepergian dan akan berkendara di luar negeri memang wajib memilikinya, mengingat SIM Nasional Indonesia belum bisa diterima di negara lain. Selama kamu lolos untuk bisa mendapatkan SIM Nasional, maka kamu bisa dan layak mendapatkan SIM Internasional tersebut.

Permohonan pembuatan SIM Internasional pun mudah. Pembuatannya tidak bisa diwakilkan, jadi kamu harus datang sendiri. Kamu cukup mengunjungi Mabes Korlantas Polri di Jalan MT Haryono Kav 37-38, Jakarta 12770. Bawa KTP asli kamu yang masih berlaku berikut fotocopynya sebanyak 1 lembar. Jika Kamu merupakan warga negara asing, maka bawa Kartu Izin Tinggal Tetap atau KITAP asli dan fotocopynya, juga sebanyak 1 lembar.

Apabila kamu WNA yang merupakan staff kedutaan, maka selain KITAP harus ada ID Korps Diplomatik serta surat rekomendasi kedutaan yang dilampirkan..SIM Nasional asli kamu yang masih berlaku juga harus dibawa beserta fotocopynya sebanyak 1 lembar. Siapkan foto ukuran 4 x 6 4 lembar dengan background warna biru. Untuk pria diharuskan mengenakan dasi dan untuk wanita mengenakan blazer. Kamu juga membutuhkan materai Rp. 6.000 yang paling baru sebanyak 1 lembar.

Pembuatan SIM Internasional dengan peraturan terbaru saat ini biayanya hanya Rp. 250 ribu dengan biaya perpanjangan lebih murah yaitu Rp. 225 ribu. Masa berlakunya, sejak waktu diterbitkannya pun cukup lama, 3 tahun. Nantinya, kamu diharuskan mengisi formulir permohonan atau pendaftaran yang harus dibubuhi tanda tangan, ditempelkan foto, serta sidik jari. Data ini akan masuk ke dalam database Polri.

Oleh karena itu, melihat harus ada tanda tangan dan sidik jari, maka pembuatannya memang tidak bisa diwakilkan. Tempat pembuatan SIM Internasional buka setiap hari Senin hingga Jumat pukul setengah 9 pagi sampai jam 3 sore. Sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu, serta hari libur lainnya, hari besar atau cuti bersama, tempat ini tidak beroperasi melakukan pelayanan tersebut.

Baca Juga :  Coba Lakukan 8 Hal Berikut Ini Untuk Menghilangkan Kebosanan Di Kantor!

Dalam proses pembuatannya, kamu harus mengambil nomor antrian terlebih dahulu. Kemudian, setelah nomor antrian kamu dipanggi, kamu akan masuk ke ruangan yang berisikan 3 petugas Polri sebagai petugas yang akan memverifikasi dokumen. Kamu akan diminta mengisi sebanyak 2 formulir isian mulai dari nama, alamat, nomor KTP, nomor passport, dan keterangan penting lainnya yang dibutuhkan.

Setelah diverifikasi, maka pada saat itulah kamu akan diminta membayar biaya pembuatannya. Kamu kemudian tingga melakukan pengambilan sidik jari dan foto untuk melengkapi data tersebut hingga 15 menit kemudian SIM Internasional jadi dan sudah bisa diambil. Jika kamu membutuhkan informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi terlebih dahulu ke 021-500669 atau melalui SM ke 9119.

Secara garis besar, prosedur resminya adalah ;

  1. Membawa KTP asli dan fotocopynya 1 lembar. Untuk WNA harus memiliki KITAP atau Kartu Izin Tinggal Tetap serta fotocopynya 1 lembar.
  2. SIM atau Surat Ijin Mengemudi yang masih berlaku serta fotocopynya 1 lembar. Jika belum memiliki SIM nasional, kamu harus mengurusnya dulu. Prosedurnya bisa dilihat disini atau jika sudah mau expired perpanjang dulu. Prosedurnya juga gampang kok atau bisa juga dilihat disini.
  3. Passport asli beserta fotocopynya 1 lembar.
  4. Pas Poto terbaru atau teranyar berukuran 4×6 sebanyak 4 lembar dengan background biru. Kamu harus berpenampilan rapi. Untuk pria disarankan memakai dasi dan wanita memakai blazer berwarna hitam.
  5. Untuk WNA staff kedutaan wajib menyertakan KITAP atau KTP atau ID Korps Diplomatik dan wajib melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan yang bersangkutan.
  6. Dan yang tak kalah penting adalah meterai Rp 6.000 1 lembar.

Kamu bisa menggunakan SIM Internasional tersebut di luar negeri baik itu untuk kendaraan kamu pribadi, kendaraan perusahaan, atau kendaraan yang kamu sewa selama di sana. Ketika Kamu berkendara di luar negeri, selama memiliki SIM Internasional tersebut, kamu bisa berkendara dengan nyaman. Kamu cukup menunjukan SIM Internasional berikut SIM Nasional kamu.

Namun, jika kamu tetap kena tilang, kemungkinan kamu memiliki catatan pelanggaran dalam SIM Nasionalnya bukan pada SIM Internasional tersebut. Kamu pun harus menerima konsekuensi hukum, berupa sanksi atau denda yang akan diberikan sesuai negara dimana kamu sedang berkendara tersebut.

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...

%d bloggers like this: