Blogging, Antara Hobi dan Sumber Penghasilan

Blogging kini memang sering terlihat tak hanya jadi hobi saja melainkan sumber penghasilan juga. Mungkin kamu yang punya teman blogger – bisa jadi melihat mereka sering diundang ke beragam acara dan cukup banyak post mereka berupa iklan? Hmm… Terlihat menarik dan sangat menggiurkan, bukan? Namun, jangan hanya lihat kegiatan blogging sebagai sumber uang! Apalagi kalau kamu masih hanya lihat dari kejauhan saja. Ada baiknya untuk mendekat dulu dan jadikan hobi.

Ini karena pada faktanya kebanyakan blogger profesional sekalipun memulai kegiatan ini sebagai hobi. Mengapa harus hobi dulu? Definisi hobi adalah memenuhi apa yang diinginkan dan terdapat semacam kesenangan di dalamnya. Jadi, semuanya berawal dari perasaan senang akan sesuatu. Kalau kamu tidak senang dengan kegiatan blogging – menganggapnya sulit – wah, akan sulit nantinya untuk tetap menjaga konsistensi nge-blog.

Sebagai contoh saja, para penari professional biasanya mengawali karirnya karena suka menarik, bukan? Atau paling tidak, suka musik dan mengikuti irama musik tersebut. Hampir tak ada penari yang malas-malasan bergerak dan tak suka musik. Nah, hampir mirip situasinya dengan nge-blog. Biasanya seseorang senang menulis dan senang berbagi melalui tulisan. Kemudian, dia merasa bahwa tulisannya harus dibaca banyak orang. Maka dari itu, akhirnya dia membuat blog karena blog sendiri adaah media yang paling mudah dijangkau. Ketika sudah “senang” dan “cinta”, seseorang biasanya akan konsisten. Dengan konsistensi tersebut, seseorang belajar banyak hal selama perjalanannya ngeblog. Ada banyak hal baru yang akhirnya dia temukan. Termasuk di dalamnya mengetahui bahwa kegiatan blogging dapat menghasilkan materi, koneksi dan banyak hal lain lagi!

Intinya – tak otomatis tetapi melalui proses!

Dari Mana Sumber Penghasilan Blog untuk Blogger?

Jawaban dari pertanyaan ini: Ada banyak. Di zaman serba teknologi Internet kini, menjadi blogger dinilai seksi. Jika dulu-dulu, blogger belum begitu ‘dianggap’ dan jarang dilirik oleh advertiser maka kini sangat berbeda keadaannya. Nah, berikut berapa sumber penghasilan blog yang bisa diperoleh oleh blogger:

  1. Iklan Adsense

Salah satu sumber penghasilan yang cukup umum dan sudah lama digunakan oleh blogger – khususnya yang ‘beternak’ blog – adalah iklan Adsense. Yap! Cara ini cukup mudah dilakukan karena hanya butuh menyediakan spot untuk pemasangan iklan Adsense.

Akan tetapi, agar dapat klik tentu saja, kita harus berupaya membanyak trafik yang masuk ke blog. Tidak hanya trafik, ada baiknya juga sajikan konten yang bermanfaat.

  1. Kerja sama dengan advertiser premium

Ini adalah salah satu sumber penghasilan blog yang terbilang bernilai cukup besar. Bayangkan saja sebuah posting blog bisa memberikan penghasilan sampai dengan jutaan rupiah bahkan belasan juta rupiah! Semakin populer blog tertentu maka nilainya akan semakin tinggi. Ada banyak advertiser premium – yaitu dari brand-brand ternama di Indonesia – yang berminat dengan blogger populer.

Bagaimana cara mendapatkan kesempatan ini? Memang cukup sulit karena yang dinilai bukan hanya saja trafik blog tetapi juga popularitas branding seorang blogger. Oleh sebab itu, bangunlah blog yang memang punya ciri khas! Bukan sekadar konten biasa saja.

  1. Link affiliasi

Cara ini memang terbilang kurang populer namun dapat digunakan juga. Lagi lagi apabila trafik tinggi maka biasanya akan banyak yang mengklik link dan persentase besar seseorang akan mendaftar atau belanja lewat link tersebut. Beberapa brand juga mengadakan program affiliasi, seperti misalnya tiket penjualan pesawat dan lainnya. Jadi, cobalah untuk manfaatkan program ini jika sesuai dengan blog yang kamu punya.

Baca Juga :  Tips Buat Kamu Agar Tidak Jenuh untuk Update Artikel Setiap Hari

Selain ketiga hal di atas, menjual produk sendiri pun dapat kamu lakukan. Ada, lho, yang bahkan membentuk label sendiri dan menjualnya! Sebut saja Diana Rikasarai, Lizzie Parra dan lainnya – mengawali diri sebagai blogger fashion dan beauty blogger – kini mereka telah punya label sendiri.

Menjadi Blogger Tak Harus Selalu Penulis

Mungkin bagi beberapa orang mengira bahwa menjadi blogger adalah karena punya kemampuan menulis yang benar-benar di atas rata-rata. Faktanya tak selalu begitu! Memang, yang namanya blog – berarti kita dituntut untuk bisa menulis. Akan tetapi, itu tak harus berarti kita awalnya adalah penulis. Justru kebanyakan blogger sekarang mengawali karirnya sebagai blogger karena kesukaan terhadap hal-hal tertentu dan ingin berbagi ke khalayak ramai. Mari kita lihat kesukaan terhadap apa sajakah itu dan siapa saja!

  1. Hobi jalan-jalan

Sudah sering dengar istilah travel-blogger, kan? Nah, hobi jalan-jalan ternyata menjadi salah satu motivasi untuk ngeblog. Beberapa orang awalnya merasa sangat sayang untuk tidak mengabadikan perjalanannya sehingga terciptalah blog travel. Bahkan, tak jarang akhirnya para travel blogger ini mendapatkan sponsor – baik dalam bentuk uang ataupun trip gratis. Asyik, bukan? Ada banyak travel blogger dari luar negeri ataupun dalam negeri. Contohnya saja: Trinity Naked Traveler, DuaRansel, Cumi Lebay, Koper Traveler dan sebagainya.

Hobi jalan-jalan atau wisata sekarang pun tak lagi hanya tentang wisata ke tempat-tempat keren saja tetapi juga wisata kuliner. Nah, biasanya, blogger yang suka bahas kuline disebagai food-blogger. Contohnya Inijie, AnakJajan dan lainnya.

  1. Hobi make-up dan dandan

Bahkan mereka yang hobi make-up atau memadu-padankan busana pun bisa berbagi juga melalui blog. Sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya, Diana Rikasari bisa dibilang sebagai pelopor blogger Indonesia yang memulai tren fashion blogger. Kemudian, mereka yang hobi berbagai tutorial make-up ataupun sekadar berbagi rekomendasi alat make-up dan skincare cukup banyak. Sebut saja, Lizzie Parra, Sasyachi dan banyak lagi.

  1. Hobi menulis

Yap! Tentu saja, mereka yang memang awalnya hobi merangkai kata tak kalah bisa jadi populer di dunia blog dan sebagai blogger. Contohnya saja Raditya Dika yang gemar menceritakan kesehariannya yang ternyata sangat menarik di mata banyak pembaca. Jadi, blogger tak harus ribet, kan? Yang penting menarik dan bermanfaat – sudah cukup, kok. Jadi, tak perlu takut untuk merasa sulit.

Sebenarnya ada banyak lagi passion yang bisa kamu ungkapkan lewa blog. Ya, blog itu sebenarnya adalah wadah. Kamu bisa jadi apa saja! Mau jadi travel blogger, beauty blogger, fashion blogger, blogger yang senang berbagi hasil fotonya, tutorial memasak, parenting atau bahkan berbagi tips menarik soal relationship? Wah, ada banyak hal yang bisa kamu gali ketika nge-blog. Tinggal sesuaikan saja dengan apa minat kamu. Lalu, sharing-lah di blog.

Ingat! Apapun yang dikerjakan dengan passion atau minat yang tinggi akan menghasilkan sesuatu yang sangat baik. Orang-orang akan tertarik dengan tulisan kamu. Penghasilan dari blog bukan sesuatu yang mustahil. Tapi, ingat sekali lagi! Penghasilan adalah bonus. Kamu boleh menjadikan blog sebagai mesin penghasil uang namun tentu saja kelolalah dengan professional dan tetap bermanfaat kepada orang lain.

Sudah siap untuk menekuni profesi yang berawal dari hobi menjadi profesi ini?

Post Author: bangmarten.com

I'm an ordinary who desires nothing more than just an ordinary chance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...