Coba Lakukan 8 Hal Berikut Ini Untuk Menghilangkan Kebosanan Di Kantor!

www.bangmarten.com. Ya, wajar bagi seorang manusia merasakan bosan. Namun, kalau rasa bosan itu sudah mulai membuat kita malas-malasan dan tidak produktif tentunya akan sangat mengganggu. Pekerjaan jadi tertunda atau bahkan tidak terselesaikan. Tentu ini merugikan diri kita sendiri kan?

Kalau dilihat dari pekerjaan, setiap hari sama saja dan tidak ada sesuatu yang baru ataupun berbeda. Semangat kita pun jauh berbeda dengan ketika kita baru pertama kali menandatangani kontrak. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menarik yang bisa kita lakukan kalau kita bertemu dengan si bosan ini di kantor.

  1. Bangunlah dengan Perasaan Bahagia. Perasaan yang bahagia adalah obat yang paling manjur. Banyak orang bisa merasakan kesembuhan atau perbaikan dalam dirinya hanya dengan merasa bahagia. Kalau penyakit kita hanya sebatas bosan, rasa bahagia tentu bisa jadi obat yang bisa menyegarkan semangat kita untuk bekerja.Cobalah cari perasaan bahagia itu dalam diri sendiri. Tak perlu menuntut orang lain, misalnya suami, istri, anak, kakak, adik, ataupun orangtua untuk memberikan kebahagiaan kepada kita. Bahagia itu kita yang ciptakan, teman! Salah satu caranya adalah bersyukur. Dengan menerima semua yang terjadi, kita akan mengurangi rasa senewen terhadap hal-hal yang tidak perlu.Oiya, rasa bahagia itu menular juga lho. Cobalah berbahagia hari ini, mungkin suami/istri kamu juga akan memberi timbal balik yang tidak terbayangkan. Ingatlah bahwa kamu berhak untuk bahagia.Jadi, sudah bahagiakah kamu hari ini?
  2. Tingkatkan Rasa Ingin Cari Tahu. Ingatlah seorang balita yang bisa menghabiskan waktu lama untuk mengamati sebuah sofa dan menemukan sebuah lubang kecil di antaranya. Bisa juga balita itu sedang berada di halaman rumah. Dia akan merasa bahwa segalanya baru dan menakjubkan, rasanya mereka ingin tahu tentang semuanya.Sama seperti mereka, milikilah rasa ingin tahu itu! Seandainya kamu desainer sampul buku, pernahkah kamu merasa penasaran mengapa banyak penulis atau editor misalnya cenderung menyukai warna tertentu? Bisa juga hal lain yang ada di sekitar kantor, pernahkah terpikir, mengapa si bos selalu marah-marah?Dengan rasa ingin tahu itu, sebenarnya kamu juga sedang menganalisis sesuatu lho! Kamu jadi ingin semakin menggali dan menemukan fakta-fakta unik di sekitar. Kalau ada sesuatu yang kira-kira akan menjadi masalah, kamu bisa jadi orang pertama yang tahu dan bisa memberi solusi. Sangat bermanfaat, kan?
  3. Lakukanlah Olahraga Ringan dan Peregangan Otot. Salah satu hal yang membuat kita bosan adalah otot tubuh yang belum dipanaskan dengan baik. Motor atau mobil saja kalau mau dipakai kan harus dipanaskan dulu, apalagi badan kita! Karena otot kaku, badan pun rasanya tidak enak untuk bekerja, dan otak tidak bisa bekerja dengan baik.Lakukanlah olahraga ringan dan peregangan otot tiap beberapa jam sekali. Ini penting banget untuk menyeimbangkan kegiatan bekerja kita yang hanya duduk dan duduk lagi. Kamu bisa parkir motor/mobil yang sedikit jauh agar langkah kamu jadi lebih banyak. Cobalah naik tangga ke kantor, tapi jangan coba-coba kalau ruangan kamu ada di lantai 25 ya! Bisa-bisa pingsan sampai di meja!
  4. Dekorasi Meja atau Ruangan. Apakah kamu merasa bahwa ruangan kerja kamu terlalu sepi dan kurang seru? Cobalah mendekorasinya! Tambahkan barang-barang yang kamu rasa menyenangkan untuk dilihat dan kurangilah barang-barang yang sekiranya tidak perlu. Buatlah space yang lebih lebar agar kamu bebas bergerak. Kamu bisa belajar DIY home decor dari internetyang sudah banyak banget.Kamu bisa juga pakai trik ini untuk menyambut sebuah perayaan seperti Tahun Baru, Lebaran, Natal, atau perayaan lain yang sekiranya akan menggugah rasa excited. Dengan memberi nuansa baru pada meja atau ruangan, kita akan mempunyai semangat baru yang mungkin bisa menular pada orang lain. Tertarik untuk memulainya?
  5. Kamu Butuh Hiburan!. Bekerja sepanjang hari dengan menatap layar komputer adalah hal yang sah-sah saja dilakoni. Bagi fresh graduate, kegiatan ini mungkin sangat kontras dengan kegiatan waktu kuliah yang lebih mobile. Tak jarang ada perasaan, “Ya ampun, take me out from here!” yang meluap-luap.Mungkin sebenarnya kamu hanya butuh hiburan. Kamu mungkin terlalu serius dengan pekerjaan yang diberikan. Jika kamu bisa mengatur waktu dengan baik, kamu mungkin akan menemukan beberapa waktu senggang yang bisa dimanfaatkan untuk hiburan.Wajib hukumnya punya headset untuk pekerjaan kamu yang semacam ini! Dengarkanlah lagu-lagu yang kamu suka. Kadang kamu hanya perlu menikmatinya saja atau kamu bisa membuatnya sebagai pengiring bekerja kamu. Cobalah sekali-sekali dengarkan radio pada segmen acara komedi. Kamu bisa tertawa-tawa dan merasa lebih fresh untuk bekerja lagi. Selain itu, kamu bisa coba browsing, menggambar, mewarnai, atau melakukan hal lain yang bisa menghibur dirimu sendiri.
  6. Gunakanlah Waktu Istirahat Kamu Seoptimal Mungkin. Bagi para pekerja tipe ini, ada dua waktu yang sangat menyenangkan yaitu istirahat dan pulang. Tak jarang satu jam sebelum istirahat kita sudah memikirkan, “Hm… mau makan di mana ya?” Pasti pernah dong merasakan yang satu ini?Eits… jangan pikir bahwa perilaku ini salah atau tidak tepat bagi para pekerja. Kamu memang seharusnya melakukan ini kok. Jadikanlah waktu istirahat kamu itu benar-benar berguna dan menyenangkan. Perkirakanlah dengan melakukan “sesuatu di kala jam istirahat” itu, pikiran kamu akan lebih fresh.Ngobrol bareng teman-teman juga cukup efektif kok untuk mengusir kebosanan. Coba cari alternatif tempat makan yang baru, atau sambil mampir ke minimarket terdekat misalnya. Namun, ingat ya, jangan sampai kebablasan istirahatnya!
  7. Kamu Butuh Piknik!. Kalau pekerjaan kantor kamu benar-benar terasa “nggak kuku” lagi buat ditongkrongin, ayo coba deh buka kalender kamu dan temukan warna merah di sana alias hari libur. Rencanakan sebuah liburan yang menurutmu cukup menyenangkan untuk dilakukan. Ajaklah sahabat atau pasangan kamu untuk berlibur. Kalau tidak, berlibur dengan keluarga juga asyik kok!Kalau budget kamu tidak cukup dengan liburan impian kamu, kamu bisa pilih liburan ala-ala yang murah meriah dan bisa segera dilaksanakan. Bisa juga kamu menginvestasikan sedikit bagian pikiran kamu untuk memperkirakan tabungan dan menyiapkan segala hal yang diperlukan untuk liburan impian itu. Milikilah rasa excited untuk menyambut apa yang sedang kamu persiapkan ini!
  8. Kamu Butuh Kantor Baru. Ketika semuanya terasa tidak lagi bisa dipertahankan dan dikerjakan secara rasional, mungkin ini saatnya kamu mengubah haluan hidupmu untuk meninggalkan rutinitas itu. Kamu mungkin akan menemukan sesuatu hal baru di depan yang akan membuatmu lebih mampu menemukan makna kehidupan dan bekerja. Kamu mungkin bisa berkembang lebih jauh dan mengeksplorasi segala hal di luar sana.Namun, perasaan ini terkadang juga hanya jebakan betmen alias rasa palsu yang menipu. Cobalah ingat kembali ketika pertama kali kamu diterima kerja di perusahaan ini. Kalau kamu masih merasakan rasa peduli yang sama pada perusahaanmu atau kenyamanan yang tidak tergantikan, mungkin keinginanmu untuk r dan n (baca: resign) hanya rasa palsu yang bisa menghilang.
Baca Juga :  Pengen Leluasa Mengemudi Di Negara Lain? Urus Dulu SIM Internasionalnya.

Banyak kan yang bisa kamu lakukan agar kegiatan kamu di kantor tidak membosankan? Lakukanlah pilihan itu dengan perasaan yang tulus dari dalam hati, maka hasilnya pun akan indah. Sudah mulai memikirkan apa yang akan dilakukan? Bagus! ~ www.malesnulis.com

Post Author: bangmarten.com

I'm an ordinary who desires nothing more than just an ordinary chance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...