Cara Menghasilkan Uang Dari Internet Yang Tak Terpikirkan Oleh Kamu

Zaman serba teknologi dan Internet sekarang tentu tak lagi jadi hal asing untuk mendengar seseorang sukses menghasilkan uang dari Internet. Akan tetapi, perlu diakui pula bahwa tak semua orang pula paham bagaimana cara menghasilkan uang dari Internet – meski kehidupan sehari-harinya tak lepas dari media Internet.

Di lain pihak, mungkin kamu salah satu orang yang sudah sering mendengar dan cukup paham beberapa alur bisnis di Internet. Mungkin kamu sudah tak asing dengan Google Adsense? Bahkan mungkin sudah pernah mencoba ‘bermain’ bisnis pay per click ini.

Ada yang hasilkan ribuan dolar tetapi ternyata tak sedikit juga yang tidak memberikan apa-apapun. Ada pula yang mencoba berjualan online namun merasa masih belum sukses karena ternyata penjualan tak sesuai ekspektasi.

Sebenarnya tahukah kamu bahwa cara menghasilkan uang dari Internet taklah begitu ribet seperti apa yang kamu bayangkan! Anyway, dalam artikel ini tak menyudutkan beberapa contoh di atas, ya. Tak ada salahnya mencobanya!

Namun, kalau kamu merasa penghasilan dari Internet masih seperti impian belaka meski sudah menjalankan beberapa cara – yuk, mari coba introspeksi diri. Beberapa opsi dan metode berikut mungkin belum pernah terpikirkan oleh kamu! Penasaran apa saja itu?

Cara menghasilkan uang dari Internet yang ternyata sangat mudah

  1. Jadi penulis artikel saja!

Tahu tidak cara ini cukup jitu dan ramai peminat. Contohnya saja penulis artikel ini. Dengan makin menjamurnya website-website baru di Internet atau bahkan start-up berbasis online maka tentu dibutuhkan semakin banyak penulis pula.

Tentu saja kamu harus punya skill mengolah kata. Keterampilan ini tak hanya bisa diperoleh dari bakat, kok, melainkan juga melalui latihan, latihan dan rajin membaca. Lalu, kamu bisa menggelar lapak di Internet melalui forum, media sosial maupun blog. Untuk semakin menancapkan kepercayaan orang lain terhadap hasil tulisan kamu – poin kedua bisa kamu lakoni pula.

  1. Blogger yang aktif dan unik

Kebanyakan dari kita sudah tak asing lagi dengan istilah ‘blog’ dan ‘blogger’, namun sudah kamu menjadi salah satunya? Jika kamu memang punya passion di bidang menulis dan punya segudang ide tulisan yang unik, mengapa tak terju jadi blogger juga? Dengan menulis di blog, kamu jadi punya semacam portofolio dan hasil karya yang bisa jadi contoh tulisan bagi para klien kamu nantinya.

Tak hanya bermanfaat untuk jadi penulis artikel, kegiatan blogging sendiri cukup menghasilkan lho! Beberapa tahun belakangan ini, para brand besar sering menargetkan blogger sebagai partner mereka. Bayarannya pun tak sedikit, bergantung seberapa besar pamor blog yang kamu miliki. Ada yang bahkan dibayar jutaan rupiah ‘hanya’ dengan satu tulisan di blog!

  1. Influencer di Internet

Apa sih influencer di Intenet? Influencer adalah cakupan yang lebih luas lagi dibandingkan dengan kegiatan blogging. Seorang blogger biasanya adalah influencer namun seorang influencer belum tentu seorang blogger. Singkat kata, influencer adalah orang-orang yang memberi pengaruh khususnya di Internet – sama halnya dengan selebritis di Internet. Mereka ‘besar’ melalui media Internet dan sosial – seperti misalnya Instagram, Twitter ataupun Youtube.

Oleh karena itu, bermunculan pulalah istilah ‘Youtuber’, selebtwit ataupun seleb-gram dan tentu saja juga seleb-blog. Para pemberi pengaruh ini memiliki banyak sekali pengikut di media sosial dan cukup didengar. Inilah yang menjadi alasan bagi para brand pun menggaet mereka untuk mempromosikan produk-produk baru mereka. Dengan catatan sesuai dengan profil si influencer.

Jika kamu punya passion di bidang makanan, mengapa tak coba untuk konsisten berbagi beragam makanan yang kamu coba di media sosial seperti Instagram? Atau kamu yang suka masak bisa juga berbagi resep melalui Instagram ataupun Youtube. Yang lainnya bisa berbagi video lucu kreasi sendiri via Youtube juga. Ya! Sesuaikan dengan passion dan hobi kamu saja. Jika orang lain merasakan manfaat dari apa yang kamu bagi, ‘pengikut’-mu berpotensi bertambah.

Baca Juga :  Jangan Bicara Enaknya Saja, ini Plus Minus Bisnis Dropship

Tertarik untuk coba profesi unik ini?

  1. Jualan produk melalui Internet

Kedua poin terakhir yang akan disebutan berikut ini berkaitan dengan penjualan. Yang namanya cari uang memang tak jauh-jauh dari yang namanya ‘dagang’. Sebenarnya pun apa yang telah disebutkan di poin sebelumnya adalah kegiatan berjualan juga namun secara implisit.

Nah, di poin ini, salah satu cara menghasilkan uang dari Internet yang bisa kamu lakukan adalah ‘meng-online-kan’ produk offline kamu.

Sebagai contoh: Kamu yang suka berbelanja dan ternyata menyimpan banyak produk fashion tak terpakai, kamu dapat menjualnya lagi via Internet. Selain itu, kamu yang memang bisa membuat produk sendiri bisa jadi jauh lebih unik dan bahkan menghasilkan! Misalnya, kamu jago masak dan punya beberapa resep rahasia yang cukup unik. Telah terbukti pula disukai oleh keluarga ataupun teman-teman kamu. Wah, kalau begitu, tak ada salahnya kamu coba untuk mengomersilkanya. Media sosial Instagram sekarang sedang naik daun, kamu dapat berjuaan di sana. Nilai jual lebih kalau kamu bisa memotret makanan atau minuman olahan kamu seciamik mungkin!

  1. Jualan jasa tour-guide melalui media sosial

Sebagaimana sudah disinggung sebelumnya, media sosial Instagram sekarang sedang hits begitu pula dengan kegiatan traveling. Kamu pun ngakunya traveler sejati atau pula sering berkeliling kota sendiri dan sudah hafal kota Jakarta misalnya? Plus, bagi kamu yang berdomisili di Yogyakarta, Bali dan sebagainya juga.

Jualan jasa tour-guide saja! Kamu pun bisa sekaligus menawarkan paket tour untuk kelompok traveler. Sayang, kan, kalau kolase foto-foto indah kamu tersebut tak kamu manfaatkan untuk menarik minat para traveler lain yang bisa jadi belum berkunjung ke tempat yang kamu bagikan dengan tagar #citytour tersebut?

Tak hanya berjualan jasa menjadi tour-guide saja pada faktanya, ada banyak lagi jasa lain yang bisa kamu tawarkan melalui Internet. Bahkan, hampir semua jasa! Kamu punya kemampuan desain grafis? Kamu dapat bangun portofolio di Internet dan tawarkan jasa tersebut. Kamu yang jago bermusik pun dapat menawarkan jasa kursus musik secara privat lewat iklan di Internet.

Intinya adalah menjadikan apa yang kamu lakukan di dunia offline menjadi online!

Sekarang, apakah kamu masih juga bingung mau lakukan apa untuk mendulang pundi-pundi rupiah dari Internet? Semoga tidak lagi, ya. Hal pertama yang bisa kamu tanyakan pada diri sendiri adalah: Apa kemampuan dan keunikan yang dimiliki?

Setelah mengetahui apa kemampuan dan passion kamu, segera pikirkan cara menjualnya melalui Internet. Soal pasar? Wah, hampir setiap orang sekarang punya smartphone masing-masing dan terkoneksi dengan Internet. Perlu diingat, cara menghasilkan uang dari Internet saat ini bahkan jauh lebih mudah daripada belasan atau pula beberapa tahun silam! So, yuk, mulai dari sekarang! Lebih cepat kamu memulai, lebih baik dan lebih mudah lagi kamu berhasil.

Salam sukses di Internet!

Post Author: Nadya Kirei

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...