Ahmad Zaky ~ Tokoh Penting Dibalik Kesuksesan Bukalapak

Mungkin bagi sebagian orang yang mengerti dengan dunia internet sudah mengetahui bukalapak, sebuah situs jual beli online. Akan tetapi dengan suksesnya bukalapak ini anda belum mengenal siapa pendiri bukalapak tersebut. Ahmad Zaky, pendiri bukalapak merupakan sosok yang terkenal setelah bukalapak ini terkenal di Indonesia. Ahmad Zaky punya Bukalapak yang juga merupakan Marketplace, E-Commerce dan startup bisnis terbesar dan sukses di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan startup di Indonesia termasuk bukalapak ini lagi booming di Indonesia dan cukup sukses menjadi bisnis yang besar. Ahmad Zaky sendiri merupakan orang dibalik suksesnya E-commerce Bukalapak.com dan Ia masuk dalam daftar 10 teknopreneur berpengaruh Asia Tenggara. Ahmad Zaky sendiri dilahirkan di Sragen pada tanggal 24 Agustus 1986.

Masa kecil Zaky tak berbeda dengan anak-anak kecil yang lain. Ia tumbuh dan besar di Sragen, Tk sampai dengan SMA di Sragen, Jawa Tengah. Pada tahun 1997 pada saat usia 11 tahun Ahmad Zaky baru mengenl dunia komputer. Pada saat itu pamannya membelikan buku-buku tentang komputer, sejak saat itu Ahmad Zaky hobi otak-atik komputer. Kecerdasan Ahmad Zaky tentang komputer ini terlihat saat ia duduk dibangku SMA, ia ditunjuk untuk mewakili sekolahnya untuk berkompetisi di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer. Ahmad Zaky pun menang sampai tingkat nasional.

Setelah lulus SMA Ahmad Zaky masuk ke Universitas di ITB jurusan Teknik Informatika. Di Universitas Zaky merupakan sosok yang cerdas, pada saat semester 4 ia mencapai IPK 4.00 dengan nilai sempurna untuk semua mata kuliah pada saat semester itu. Tidak hanya dalam bidang akademis yang menonjol, Ahmad Zaky juga menonjol dalam sebuah organisasi.

Dengan bukti buah pemikirannya, di ITB sekarang ada jurusan atau cabang Share Global Student Think-Tank. Selain itu Ahmad Zaky juga mendirikan Enterpreneur Club ITB atau Technopreneur Club (TEC ITB) Ahmad Zaky juga sering menjadi pembicara di Amateur Radio Club (ARC) ITB. Prestasi yang lain yang di dapatkan saat kuliah yaitu sering menjadi pemenang dalam kejuaraan sains tingkat nasional. Seperti menyabet juara 2 di kompetisi Indosat Wireless Innovation Contest pada tahun 2007.

Baca Juga :  Mengenal Rudi Sinurat Sang Owner Tahu Jeletot Taisi

Pada saat kompetisi itu Ahmad Zaky membuat mobiSurveyor yaitu software yang berfungsi untuk melakukan fast counting dalam sebuah survey. Kemenangan yang lain yang menonjol yaitu pada ajang INAICTA (Indonesia ICT Awards) Ia berhasil mendapatkan Merit Award di tahun 2008. Dengan otak yang cerdas Ahmad Zaky juga mendapatkan beasiswa pada tahun 2008 beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat untuk bersekolah di Oregon State University. Pada tahun 2009 Ahmad Zaky juga ditunjuk untuk mewakili almamaternya dalam kompetisi Harvard Nasional Model United Nations.

Tak perlu dipertanyakan lagi bagaimana cerdasnya Ahmad Zaky, selain mempunyai banyak prestasi di Universitasnya, dia pernah mendapat projek dari stasiun TV swasta untuk membuat perangkat lunak guna menghitung cepat perolehan hasil pemilu (software quickcount). Setelah Ahmad Zaky lulus kuliah dari ITB, Ia mendirikan Suitmedia yaitu semacam perusahaan konsultasi dibidang teknologi terutama teknologi komputer. Ahmad Zaky sering mendapat job untuk membangun system IT berbagai perusahaan besar ditanah air.

Disela-sela kesibukannya tersebut Ahmad Zaky berfikir ingin membangun sesuatu yang lebih berguna untuk orang banyak. Kemudian Ahmad Zaky memutuskan untuk mendirikan situs belanja online yang lebih simple dan bisa digunakan oleh banyak orang secara gratis. Maka berdirilah bukalapak.com pada tahun 2010. Yang mempunyai visi misi untuk memajukan para UKM di Indonesia lewat internet.

Post Author: bangmarten.com

I'm an ordinary who desires nothing more than just an ordinary chance.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...