7 Langkah Mudah Mempersiapkan Dana Pensiun Kamu

Dana Pensiun – Sukses dimasa muda merupakan impian banyak orang. Bisa melakukan banyak hal serta mengeksplorasi banyak hal tentu menjadi tujuan kaum muda sekarang ini. Akibat dari hal itu tidak banyak yang berpikir bagaimana nanti masa tua tidak terbebani dengan hal hal seperti keuangan. Ah, entar aja dipikirin, yang penting sekarang hepi hepi dulu.

Namu sebaiknya rekan rekan buang jauh jauh pikiran seperti diatas, karna kedepannya kita tidak tahu apa yang terjadi. Sedia paying sebelum hujan. Itu kata pepatah. Cobalah untuk menabung kecil kecilan dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Sudah waktunya memikirkan rencana masa pensiun dari sekarang.

Langkah Mempersiapkan Dana Pensiun Kamu

Tentu memulai suatu hal akan terasa agak sulit, contohnya, bagaimana dan darimana awalnya?. Disini saya akan mencoba membantu kamu memulai hal tersebut.

  • Cobalah mulai dari sekarang, jangan ditunda tunda lagi. Tanamkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa dan dapat mempersiapkan dana pensiunmu nanti. Semakin lama kamu menunda akan semakin malas untuk memulai. Banyak orang orang yang gagal dalam tahap ini. Bisa karena niat yang tidak kuat, sering menunda nunda atau karna tidak terbiasa untuk menabung. Mau tidak mau kegiatan menabung sudah harus dicoba.
  • Setelah tahap pertama sudah selesai, bolehlah masuk ke tahap yang kedua.. tahapan yang agak serius sedikit. Kenapa agak serius? Karna dalam tahap ini kamu sudah harus bisa rajin menulis pendapatan dan pengeluaran kamu. Mulailah memilah milah atau mengalokasikan pendapatan kamu. Buatlah rincian rincian penggunaan uang tersebut. Dana yang dialokasikan hendaknya digunakan sesuai dengan peruntukannya. Sering datang godaan untuk menggunakan dana yang sudah dialokasikan tersebut.
  • Hendaklah mulai mencoba menghapus pengeluaran pengeluaran yang tidak begitu urgent atau tidak begitu penting. Setelah memulai tahap kedua, sisakan sedikit untuk ditabung. Walaupun sedikit, biasakanlah untuk menabung sedikit. Kebiasaan baik ini memang tidak akah kelihatan hasilnya untuk jangka yang pendek. Tapi bukankah tujuan kita untuk mempersiapkan masa pensiun? . Ada banyak program menarik dari beberapa bank untuk mempersiapkan masa pensium kamu. Tinggal pilih saja. Nah kemudian sisanyalah yang dapat kita pergunakan untuk keperluan sehari hari.
  • Mulailah mencoba untuk berinvestasi. Ingat, jangan menggunakan dana tabungan masa pensiun untuk berinvestasi. Pergunakanlah dana yang tersisa. Pilihlah investasi jangka panjang dan minim resiko. Banyak contoh investasi yang minim resiko seperti investasi emas, saham dalam bentuk reksa dana  asuransi unit link, deposito berjangka dan masih banyak lagi. Tergantung kamu mau memilih jenis yang mana. Satu hal, investasi model begini akan terasa minimal 10 tahun keatas. Jadi anggap aja seperti menabung tapi tidak dapat ditarik.. Jika sudah memasuki masa pensiun, barulah invetasi ini akan terasa sekali.
  • Mulailah hobi baru yang dapat membantu keuangan kamu dimasa pensiun. Jika kamu hobi atau gemar menulis, mulai mencoba membuat blog. Kenapa? Karna hobi menulis ini sangat bisa menghasilkan pundi pundi rupiah kamu dimasa yang akan datang. Coba saja sebagai sampingan. Contohnya adalah Marikson Manurung, pemilik dari maxmanroe blog. Rela pensiun dini demi fokus pada internet marketing. Jadi ketika kamu sudah memasuki usia pensiun, kamu tidak terkena Post Power Syndrom karena kamu sudah memiliki blog yang bisa kamu urusin.
  • Jika kamu memiliki hutang dan mempunyai dana lebih, bolehlah hutangnya dilunasi. Jika tidak, ini akan menjadi beban pikiran kamu terus menerus. Kamu pasti tidak ingin dimasa pensiun kamu, kamu harus memikirkan cara agar bisa melunasi atau membayar hutang kamu tersebut. Tentu jika hutang sudah lunas, pikiranpun tenang untuk memikirkan langkah langkah persiapan masa pensiun.
  • Persiaplan juga rencana cadangan untuk kegiatan darurat. Kenapa? Agar dana persiapan untuk masa pensiun kamu tidak terganggu. Memberi perhatian untuk dana darurat ini juga sangat membantu kamu nanti jika suatu saat terkena masalah finansial. Loh, khan bisa diambil dari tabungan? Kok repot amat mempersiapkan dana darurat. Perlu kamu ketahui jika suatu saat masalah finansial melanda kamu, tabungan kamu itu akan sangat mungkin habis dan lenyap. Sehingga akan timbul keinginan untuk menarik dana untuk masa pensiun kamu.
Baca Juga :  3 Solusi Mendulang Rupiah dari Blog Berbahasa Indonesiamu

Bersakit sakit dahulu bersenang senang kemudian. Kiranya kamu bisa mengartikan peribahasa tersebut. Bersakit sakit dahulu mempersiapkan masa pensiun, bersenang senang kemudian menikmati hasil persiapan kamu dahulu. Jadi mulai sekarang, persiapkanlah masa pensiun kamu dengan baik.

 

Post Author: Teguh Suprianto

1 thought on “7 Langkah Mudah Mempersiapkan Dana Pensiun Kamu

    Aurelia

    (May 11, 2016 - 11:12 am)

    Infonya bermanfaat banget, mkasiiih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...