3 Solusi Mendulang Rupiah dari Blog Berbahasa Indonesiamu

3 Solusi Mendulang Rupiah dari Blog Berbahasa Indonesiamu
image dari buzzghana.com

bangmarten.com – Sebagian pengguna internet mempunyai blog berbahasa Indonesia, atau paling tidak pernah membuat akun blogger. Hanya saja, tidak semuanya setia memanfaatkan blog tersebut dengan lengkap.

Sayangnya bagian monetisasi untuk blog berbahasa Indonesia sering terluput dari perhatian. Padahal sistem ini menjanjikan rupiah asalkan blogger setia merawat blog miliknya. Kesempatan sering terlewat karena banyak ruang blog hanya ditengok sesekali, bahkan ditinggalkan, tanpa menambahkan konten penting dan menarik.

Bisa dipastikan konten blog berbahasa indonesia berpeluang membawa gemerincing rupiah ketika dipelihara dengan baik. Meskipun kini lebih banyak orang tertarik pada personal website atau minimal wordpress, demi memperoleh income melalui dunia penulisan online. Tidak dipungkiri, seluruh media ini berpotensi mendulang income, terutama setelah kita bergabung dengan Google AdSense.

Tips Menulis Artikel untuk Blog Indonesia

Cara mendulang rupiah lewat blog terbilang mudah dan sederhana. Akan tetapi, bukan pula sebuah proses instan tanpa usaha yang rutin. Kuncinya adalah rajin menulis di dalam blog sehingga viewer atau pembaca akan selalu bertambah.

Nah, proses ini yang tidak konsisten ditekuni blogger terlebih lagi ketika mereka melihat peluang lain. Hal ini karena ekspektasi keuntungan lewat blog tidaklah melaju cepat menurut perhitungan hari, atau cukup satu sampai dua bulan. Padahal, blog berbahasa indonesia yang potensial sebaiknya berusia minimal tujuh bulan, atau lebih dari waktu tersebut.

Di samping perlu memuat konten dan jumlah tulisan yang bermutu. Hal ini pun harus diupayakan sedari Anda membuat blog dengan tema tertentu. Blogger harus mempunyai puluhan hingga ratusan artikel untuk memancing kesempatan monetisasi. Lalu, bagaimana peluang itu bisa datang kepada blogger?

Solusi Mendulang Rupiah dari Blog Berbahasa Indonesiamu.

  1. Google AdSense

Google AdSense adalah program monetisasi yang sangat populer di kalangan blogger dunia. Mendaftarkan blog Anda ke program ini mudah. Namun kesulitannya justru terletak pada approve dari Google.

Kegagalan melakukan monetisasi pada blog berbahasa Indonesia seringkali disebabkan konten blog itu sendiri. Antara lain, usia blog yang masih baru. Konten dan desain blog kurang unik. Jumlah tulisan sangat sedikit, di samping artikel tidak informatif untuk banyak orang. Sehingga, traffic blog menjadi terbatas dan pemasang iklan pun enggan menempel.

  • Mengatasi segala kendala tadi butuh proses namun bukan berarti mustahil untuk menerapkannya mulai saat ini. Perbaiki konten dengan artikel-artikel unik dan informatif, lalu maksimalkan jumlah tulisan minimal 10 artikel setiap harinya.
  • Hindari melakukan copy paste dari tulisan orang lain. Google sangat membenci penjiplakan, dan akan langsung menolak akun blog yang ketahuan berplagiasi.
  • Setelah kualitas blog membaik, sharing link ke dalam media sosial supaya menarik perhatian viewer. Terakhir adalah coba lagi mendaftarkan blog Anda ke Google Adsense, dan bersabarlah menunggu review plus approve dari Google. Jika masih ditolak mungkin Anda perlu berjuang lagi untuk memperindah blog berbahasa Indonesia
  1. Program Iklan PPC
Baca Juga :  7 Cara Mendapatkan Uang Channel Youtube

Program periklanan dengan sistem PPC atau Pay Per Click adalah sisi lain dari monetisasi blog berbahasa indonesia. Termasuk di dalamnya Google AdSense, Bidvertiser, dan KlikSaya.

Keuntungan mengikuti program PPC adalah mendatangkan pengiklan secara otomatis, dari perusahaan PPC tersebut. Blogger hanya perlu memasan kode iklan sesuai program PPC dalam blognya. Dengan cara ini, beragam iklan akan muncul dengan sendirinya sesuai tema dan konten blog.

  • Setelah menjadi mitra PPC, Anda perlu berusaha meningkatkan jumlah viewer sebanyak mungkin. Selain itu lakukan optimasi tampilan dengan mengatur posisi iklan, supaya menarik perhatian pengunjung blog. Dengan cara ini uang yang bisa diperoleh akan maksimal, terutama jika blog sudah dikunjungi oleh ribuan orang.
  • Penghasilan yang diterima blogger tergantung dari jumlah klik yang dianggap sah oleh penyedia layanan PPC. Sedangkan waktu pembayaran bergantung dari ketentuan masing-masing penyedia PPC, misalnya Google AdSense akan membayar penghasilan bloger setelah jangka waktu 30 hari.
  1. Program Affiliasi Marketing

Affiliate Marketing dapat mendatangkan keuntungan yang signifikan untuk blog berbahasa Indonesia. Cara ini menghasilkan uang melalui promosi produk tertentu di dalam blog. Anda tinggal membuat review atau banner yang mengandung link affiliasi dari penyedia program. Penghasilan diperoleh dari jumlah pengunjung yang kemudian melakukan pembelian produk tersebut.

  • Dalam memilih mitra affiliasi, sebaiknya tidak tergoda menerima sembarang promosi produk yang akan masuk ke dalam blog Anda. Meskipun potensial dari sisi monetisasi, namun terlalu banyak iklan bisa mengurangi kredibilitas blog di mata para pembaca. Begitupun bila sisipan iklan mengganggu kenyamanan mereka untuk membaca artikel yang dituju.

Lalu, sudahkah Anda termotivasi menjadi blogger yang setia? Mulai saat ini bukalah blog berbahasa Indonesia yang sudah lama ditinggalkan kemudian perbaiki desainnya agar lebih menawan. Cari perhatian maksimal dari pembaca, Google AdSense, serta para pengiklan. Dengan begitu bukan mustahil untuk mendulang rupiah dari blog berbahasa Indonesia milik Anda sendiri. Selamat mencoba!

Tags:
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

5 Responses

  1. Jasa SEO MurahMay 16, 2016 at 12:49 pmReply

    kadang daftar Adesense ga semudah itu bang :(

    • Author

      Teguh SupriantoMay 16, 2016 at 12:56 pmReply

      memang sekarang adsense sudah mulai ketat gan. Tapi dengan konten yang enak dibaca dan ada trafik tetap, kemungkinan besar lolos review gan..

  2. malikaMay 26, 2016 at 2:27 pmReply

    bang ada tips atau solusi yang jitu dan tepat agar blog kita di terima oleh google adsense

    • Marten SiahaanMay 26, 2016 at 4:07 pmReply

      Wah, mungkin cara setiap orang beda beda om. Kalau ane perbanyak artikel dan trafik aja om. Dulu juga begitu. Ditolak berkali kali sampai akhirnya diterima

  3. Anwariz WebJune 11, 2016 at 3:55 pmReply

    Setuju dengan Bang Marten, produksi artikel sebanyak-banyaknya guna mendatangkan traffic menggunung. Otomatis hasilnyapun akan sebanding. Ntah itu dari AdSense atau dari program affiliate. Sukses selalu webnya bang !!

Leave a Reply

Loading Facebook Comments ...